Minggu, 18 Februari 2018

Wisata Kuliner di Semporna Malaysia

September, 2015

     Begitu sampai di Tawau dan Sempoerna (Malaysia Timur, Negara Bagian Sabah) yang ingin dipesan langsung makanannya adalah martabak india, roti tisu, roti canai dan teh tarik. suka banget sama roti canai dengan 2 macam kuahnya yg disajikan di nampan khas. sebenarnya sih kurang suka dengan teh tarik, jadi cukup sekali mesannya sebagai perdana pernah merasakan versi originalnya, selanjutnya es Milo adalah minuman kesukaan.
   Makan di pusat wisatawan Kota Sempoerna sangat menyenangkan. banyak turis dari berbagai negara berkeliaran. harga makanan pun murah meriah. roti Canai hanya RM 5 . minuman es Milo hanya RM 3. Mie Goreng hanya RM 7. mau belanja cemilan pun mudah karena ada supermarket Giant. ku kira cuma ada di Indonesia, ternyata di Negara tetangga juga ada toh.
    Di sempoerna tidak ada pedagang yang menjual cemilan keliling seperti di Indonesia. padahal pingin juga nyoba snack lokal.
     Malam terakhir backpackeran di negeri Jiran. pada 2 malam sebelumnya, makan ala ala backpacker, wajarlah malam terakhir dibikin Gala Dinner.
     Tempat yang di pilih adalah pusat Seafood restaurant yang berada di pinggir laut Kota Sempoerna berseberangan dengan Cottage Dragon Inn yang gaya bangunannya mirip Cottage di Resort Derawan dan Maratua.
     Berhubung exclussive dan banyak dikunjungi oleh kalangan menengah atas, jadi wajar lah Nasi Goreng Sipadan yang ku pesan harganya RM 25 ringgit :D (kurs Ringgit 3,400). es Milo RM 15 hahahahahaha...
     suasana nya ramai pengunjung. diantaranya banyak nelayan yang menawarkan kepada pemilik dan pengunjung restaurant yaitu lobster dan mantis shrimp yang masih hidup dan dikemas dalam botol bekas air minum kemasan. ada juga yang menawakan kerang laut.
      Enaknya paket trip wisata di Tun Sakaran Marine Park yaitu, semua sudah all Include.
Makan siang di Lunch box. speed boatnya besar dan hanya berisi 7 turis ditambah 3 orang guide, supir dan ABK. ga perlu berdesakan, dan makan tak khawatir tumpah karena ada dalam lunch box besar.
    Air minum yang disediakan dalam kemasan botol, bukan kemasan gelas ala nasi kotak Indonesia. Buah-buahan seperti semangka dan pisang. bahkan minuman beralkohol pun ditawarkan bagi diver yang kedinginan setelah sesi diving. semua all you can eat.
Menu lunch box nya seperti nasi lemak dan ayam berkuah mirip bistik dan ada serundeng kelapa yg terasa manis.
     Masakan malaysia ini di dominasi rasa manis kayaknya. jarang nemu yang pedas. bahkan ketika memesan nasi lemak untuk sarapan pagi sebelumnya, juga terasa manis.
      Jadi, belajar dari organizer trip wisata Tun Sakaran Marine Park, akhirnya standar BIOTO (Balabalagan Islands Open Trip Offical) dinaikkan dengan menyajikan lunch box untuk hopping island ketika trip mengelilingi pulau-pulau di Kepulauan Balabalakang. selain praktis dan anti tumpah, juga bisa untuk meminimalisir sampah plastik dari peralatan makan wisatawan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Benteng Kalamata, Tuan Rumah 6 Penguasa di Ternate

Benteng Kalamata, Ternate      Benteng kalamata terletak di bibir pantai pulau ternate, tepatnya di jalan kalamata kelurahan bastiong Kot...