Sunday, May 6, 2018

terpesona kecantikan Benteng Torre di Tidore

Benteng Torre, Pulau Tidore

Dont judge a book by its cover,

     Begitulah kesan pertama saat sampai di anak tangga paling bawah pintu masuk Benteng Torre. Diapit oleh pohon dan bongkahan batu vulkanik yang amat teramat besar. setelah menaiki hingga puncak anak tangga, terlihatlah Benteng Torre yang teramat cantik jelita. jalanan paving block dengan warna abu abu dan teracota berbaur dengan warna warni bunga-bungaan yang sengaja ditanam untuk mempercantik sisa-sisa reruntuhan Benteng. sepertinya benteng torre pun pernah merasakan kekuatan vulkanis Pulau Tidore. namun tidak mengurangi keindahan Benteng Torre. 
     Sungguh pandai penjajah portugis memilih tempat untuk mendirikan benteng. lokasinya sangat strategis. dari benteng torre portugis dapat mengawasi keraton kesultanan tidore. pemandangan dari benteng torre sangatlah indah. berada di lereng gunung Kie Matubu dan hamparan pulau pulau kecil seperti Ternate, Maitara dan Halmahera. pastinya menyaksikan sunset disini sangatlah indah.
      buat kalian yang ingin menjelajah Kota Tidore, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Benteng Torre. sewa saja angkot atau mobil avanza/xenia yang ada di pelabuhan tidore. jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi objek wisata lainnya seperti Kie Kedaton (very strict and proper dress code), pantai tuguluva, monumen bendera, komplek pemakaman kesultanan, desa gurabungan, pantai air panas, dan masih banyak lagi Benteng di Tidore yang harus dikunjungi.
   Untuk memasuki Benteng Torre, tidak dipungut retribusi, hanya mengisi buku tamu yang disediakan bapak penjaga Benteng Torre. beliau sangat ramah dan baik hati. beliau senang menceritakan tentang sejarah kota Tidore. alangkah baiknya jika traveler yang dermawan mau memberi sedikit tip untuk ilmu sejarah yang diberikan oleh Bapak Penjaga Benteng Torre. 















Buat teman-teman pembaca, yang berminat ingin ikut sharecost trip maluku utara dan Papua barat bersama saya di bulan oktober 2018 nanti, bisa DM saya di akun instagram saya @edelweiss_blogger dan tinggalkan Nomor whatsapp kalian ya agar mudah dihubungi untuk perkembangan info trip

No comments:

Post a Comment

Bertualang Melihat Kerbau Kalang dan Indahnya Alam Kota Baru

  September 2022, kerbau kalang amuntai Mercu suar Pulau Tanjung Kunyit Pantai Teluk Tamiang Here I comes setelah 2 tahun tidak berlibur ke ...