Wednesday, May 9, 2018

Misteri yang belum terpecahkan di Benteng Tolukko Ternate

Benteng Tolukko, Ternate

     Benteng Tolukko adalah benteng peninggalan Portugis yang berada di Kelurahan Dufa Dufa 2 Km dari Kedaton Kesultanan Tidore, Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Indonesia.
     Benteng Tolukko memiliki sebutan lain yaitu Fort Hollandia atau Fort Saint Lucas. Benteng ini dibangun oleh Fransisco Serao (Portugis) pada tahun 1540 Masehi. kemudian di renovasi oleh Gubernur VOC yaitu Pieter Both tahun 1610 Masehi.  kemudian di pugar oleh P Van Der Crab tahun 1864. 
     Letak Benteng Tolukko mengikuti kontur bukit batuan beku. latar belakang Benteng Tolukko menghadap ke arah Pulau Halmahera, Tidore dan Maitara. Letak benteng di atas bukit untuk memudahkan mengawasi kegiatan sultan ternate dan lalu lintas perdagangan Ternate. 
     Keunikan benteng tolukko adalah terdiri dari 2 bastion di depan dan 1 di belakang. bentuk bastion bulat tidak seperti benteng kolonial lain yang bentuknya mata panah. pada dinding sebelah kiri setelah pintu masuk terdapat lambang yang hingga kini belum diketahui maknanya atau asal usul sejarahnya.
     Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Ternate, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan Benteng Tolukko. dari kedaton Kesultanan Ternate hanya memerlukan waktu kurang dari 10 menit naik angkot menuju benteng tolukko. bilang saja sama sopir angkotnya untuk diantar ke benteng tolukko. begitu memasuki area benteng tolukko, kita diminta retribusi Rp.5.000,- per orang yang dibayarkan kepada petugas yang berada di rumah penjaga benteng tolukko. 
















Simbol yang artinya menjadi misteri yang belum terpecahkan hingga sekarang



No comments:

Post a Comment

Bertualang Melihat Kerbau Kalang dan Indahnya Alam Kota Baru

  September 2022, kerbau kalang amuntai Mercu suar Pulau Tanjung Kunyit Pantai Teluk Tamiang Here I comes setelah 2 tahun tidak berlibur ke ...