Rabu, 09 Mei 2018

Benteng Kalamata, Tuan Rumah 6 Penguasa di Ternate

Benteng Kalamata, Ternate

     Benteng kalamata terletak di bibir pantai pulau ternate, tepatnya di jalan kalamata kelurahan bastiong Kota Ternate. Benteng kalamata memiliki nama lain yaitu benteng saint lucia dan benteng kayu merah. benteng kayu merah diambil dari nama kelurahan tempat benteng tersebut berada. sedangkan nama Kalamata diambil dari nama salah seorang pangeran ternate yang bernama Kaicil Kalamata.
     Benteng kalamata memiliki bentuk khas arsitektur portugis. bangunan berbentuk segi empat yang tidak lurus (poligon). memiliki 4 bastion runcing di ujungnya. setiap bastion memiliki sejumlah lubang bidik. 
     Benteng ini dibangun tahun 1540 oleh Antoni Pigaveta dari portugis sebagai benteng pertahanan dalam rangka perluasan daerah kekuasaan portugis di Pulau ternate, namun kemudian portugis meninggalkan pulau ternate tahun 1575. selanjutnya spanyol menduduki benteng kalamata dan menjadikannya pos perdagangan. tahun 1609 benteng kalamata di restorasi oleh gubernur VOC Pieter Both (belanda) dan dijadikan benteng pertahanan. pada 1624, Gubernur belanda Le Febre mencoba memperbaiki pos benteng namun gagal dan kemudian ditelantarkan. tahun 1627 benteng kalamata direbut kembali oleh spanyol dan dikuasai hingga tahun 1663. tahun 1798 benteng kalamata dikuasai kembali oleh pasukan Kaici Nuku ( Sultan Tidore ke 19) dibantu dengan pasukan Inggris. tahun 1801 benteng kalamata di kuasai inggris dan dapat direbut kembali oleh belanda dan diduduki hingga tahun 1810. tahun 1843 Residen Van Helback mengosongkan benteng hingga akhirnya menjadi terlantar dan kumuh. 
     Begitu banyak lika-liku perebutan kekuasan yang dialami benteng kalimata. benteng ini diperebutkan oleh Portugis, Belanda, Spanyol, Inggris, Ternate dan Tidore. benteng ini di pugar oleh pemerintah RI tanggal 1 Juli 1994. 
     Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Benteng Kalamata, sore hari adalah waktu yang tepat.bisa dicapai dengan naik angkot dari pusat kota ternate dengan membayar Rp.5.000,- benteng kalamata terletak sejalur dengan Danau Ngade dan Kebun rempah-rempahh yang juga menjadi destinasi wisata yg wajib di kunjungi jika datang ke Maluku utara.












keluarga besar backpacker Nusantara

Backpacker Nusantara is the best

pasukan Backpacker Nusantara punya gaya

best travel mates ever! yok gabung bersama Backpacker Nusantara



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sharecost Trip Eksplor Maluku Utara & Papua Barat

Dear Travelers,      Kali ini saya mengajak para pembaca blog saya untuk bergabung dengan sharecost trip yang dibuat oleh admin Grup Back...