Minggu, 16 Juni 2019

Destinasi Wisata Baru Danau Semayang

Landmark Selamat datang di Desa Pela
Desa wisata Pela adalah Pintu masuk menuju Danau Semayang

Dimana letak danau semayang?

Danau Semayang adalah sebuah danau yang berlokasi di daerah aliran sungai Mahakam di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Indonesia. Danau ini memiliki luas sekitar 13.000 hektare. Danau Semayang berada di sebelah kiri sungai Mahakam dan bersebelahan dengan Danau Melintang yang terletak disebelah kanan Mahakam. 
source : google Maps
source : Google Maps
 Koordinat Danau Semayang adalah 0°13’36″S 116°28’5″E. Sedangkan Danau Melintang 0°17’17″S 116°20’52″E. danau semayang dan danau melintang melingkupi wilayah Kecamatan Kenohan, Kota Bangun, Muara Muntai dan Kecamatan Muara Wis. Danau Semayang dan Danau Melintang yang terletak di sebelah barat laut dari Kota Kecamatan Kota Bangun, hanya sekira 2-3 jam jalan darat dari Pusat Kota Tenggarong ibukota kabupaten Kutai Kartanegara atau 3-4 jam dari ibukota provinsi Kaltim yaitu Kota Samarinda.
Jika dari Samarinda, maka perjalanannya adalah sebagai berikut : Samarinda > Air puith > L1 Tenggarong > Tenggarong Seberang > Jembatan Kutai Katanegara > Tenggarong > bukit biru > Jahab > ketemu simpang 3 melak & Kota Bangun lurus saja > Kota Bangun > pasar kota bangun susuri tepian sungai hingga dermaga desa liang atau desa sangkuliman  > naik Perahu Ces / Speed Boat menuju Desa Wisata Pela selanjutnya ke Danau Semayang/Melintang.

Apa keistimewaan danau semayang?

Danau Semayang terdapat di Daerah Mahakam Tengah (DMT), merupakan salah satu lingkungan lahan basah terbesar di Kalimantan. Keanekaragaman hayati di Lingkungan danau Semayang cukup tinggi, termasuk biota perairan maupun terestrial, juga sumber daya air yang melimpah untuk berbagai aktivitas masyarakat sekitar.
link source : indonesia baik id
 Melimpahnya potensi perikanan di Danau Semayang itu, maka mayoritas warga sekitar berprofesi sebagai pengusaha ikan, baik perikanan tangkap maupun olahan. Di danau ini juga akan dapat ditemui kehidupan ikan Pesut (Orcela fluminalis), yakni sejenis lumba-lumba air tawar endemic sungai Mahakam. ikan pesut berstatus critically endangered species. Jenis-jenis ikan di Danau Semayang memiliki keanekaragaman yang cukup tinggi, di antaranya yang paling banyak ikan toman (snake head/chana SP), lais (Krytoterus SP), jelawat (Laptobarbus hoeveni), haruan (Chana Striata), Puyu (anabas testudineus), baung (hemibragus), serta udang galah (Macrobrancium rosenbergii).
Pesut Mahakam yang mendekati kepunahan
 Jika musim hujan, kedalaman danau akan bertambah, bahkan antara danau semayang dan danau melintang tak jelas lagi batasnya. Persis sepertl lautan air tawar. Danau Semayang dalam kondisi air sedang dalam, maka dapat dipastikan ikan-ikan yang ditangkap nelayan akan melimpah ruah. Bahkan dalam satu hari, seorang nelayan bisa membawa pulang ikan dari berbagai jenis hingga puluhan kilogram. Akan tetapi, jika musim kemarau tiba, kedua danau bagai hamparan lahan kering dan tandus, dengan tanah-tanah yang merekah. Lautan yang luas itu berubah menjadi anak sungai. Karena memancing ikan menjadi sulit, maka penduduk memanfaatkan lahan kering untuk bertanam padi.
Panen 1000 Ton Padi di Danau Semayang

Mengapa kita harus datang ke desa pela?

Karena desa pela adalah desa yang memiliki konsep wisata berbasis ekowisata melihat pesut Mahakam. Desa pela adalah desa yang siap menjamu dan memanjakan wisatawan yang datang untuk melihat pesut dan menikmati keindahan danau semayang dan danau melintang. Desa pela memiliki beberapa homestay dan penyewaan ketinting serta fasilitas camping ground di Tamannoh. Desa Pela terletak di pintu masuk menuju danau semayang. Banyak agenda wisata yang diadakan oleh pokdarwis pela. 
        Desa pela telah dikunjungi wisatawan luar negeri dan domestik. sejak Oktober 2017 hingga Mei 2019, turis mancanegara datang dari Australia, Amerika Serikat, Jerman dan Inggris dengan total wisatawan sebanyak 22 orang.  (klik link : baca berita tentang desa pela )
Danau Semayang sudah terkenal sampai ke Luar Negeri Loh! makanya jangan kaget liat Wisatawan mancanegara datang

PS : bagi yang ingin minta rekomendasi Guide khusus untuk Tamu dari Luar negeri yang ingin mengeksplor Sungai Mahakam silahkan hubungi Bang Innal Rahman

Bagaimana cara mencapai desa wisata Pela dari Kota Bangun?
Desa pela dapat dicapai dari kota bangun. Start pointnya dari desa liang atau desa sangkuliman.
Titik keberangkatan ada 2 : 
  1.  Jalur ferry reguler, dari warung moro seneng, Desa Liang. Menyeberang ke desa sangkuliman (Rp 5.000,- per kendaraan Roda 2) kemudian lanjut menyeberang ke desa Pela (Rp 5.000,- per kendaraan Roda 2). Dermaga ini merupakan jalur ferry penyeberang penumpang dan kendaraan roda 2.
    dermaga ferry penyeberangan desa liang
  2.  Jalur dengan sistem carter ketinting dari pokdarwis Pela, dari Desa liang langsung ke Desa Pela (Rp 15.000,- per orang kapasitas 10 penumpang). Tidak bisa bawa kendaraan dengan kapal dari desa liang. Jadi kendaraan & helm dititipkan di rumah penduduk desa liang.
bersiap glam camping di Tamannoh

PS : sewa ketinting untuk berburu foto pesut mahakam yang hilir mudik di sungai pela berkisar Rp 150.000,-
 

Berapa biaya menginap di desa Pela?
Terdapat lima pondok wisata (home stay) di Desa Pela ini. Rata-rata satu rumah memiliki dua hingga tiga kamar tidur. Budget variatif dari Rp. 100.000,- s/d Rp 150.000,- per orang sudah termasuk 3x makan sehari secara prasmanan dan minuman teh ataupun kopi selalu tersedia.

Apa saja kegiatan wisata yang bisa dilakukan di desa pela?


  • Susur sungai pela sambil menikmati keindahan jembatan martadipura dan melihat pesut hilir mudik. Panjang jembatan martadipura adalah 15,3 kilometer yang melintang diatas sungai pela dan lahan basah atau rawa rawa pasang surut. Siapkan kamera mu, karena jembatan martadipura ikon kebanggaan kota bangun dan kaltim. Jangan lupa siap siaga untuk mengabadikan pesut yang tiba-tiba muncul ke permukaan sungai untuk bernafas.
    menikmati keindahan jembatan martadipura sambil makan sambil melihat pesut berenang
  • Berkunjung ke museum nelayan desa pela. Di museum ini terdapat berbagai macam alat penangkap ikan tradisional serta foto-foto kegiatan wisata desa pela.
    Museum Nelayan Pela, semua wisatawan harus mengisi Buku Kunjungan wisata disini
  • Berkemah di camping ground tamannoh. Di desa pela belum ada penyewaan tenda outdoor, oleh karena itu, bagi anak-anak backpackers mesti membawa sendiri tenda atau menyewa di rental alat outdoor yang terdapat di kota samarinda.
    Berkemah di Camping Ground Tamnnoh
    Tanjung Tamannoh tepat berada di mulut danau Semayang
    PS : Jika kalian ingin menyewa peralatan kemping outdoor dari kota Samarinda , silahkan hubungi nomor kontak berikut : 
    lava rental outdoor :  0812 59028154
    Primitif Gear : 0812 5023 4024
  • Berenang sambal menikmati moment sunrise atau sunset di danau semayang. Bisa juga mengunjungi Menara pandang atau pulau-pulau kecil di danau semayang.
    bermain di Pulau pasang surut danau semayang bersama Komunitas Jelajah
    menaiki menara pandang di tengah danau semayang
    Berenang di Danau Semayang ( Tribun News)
  • Menyewa ketinting untuk berkeliling di danau semayang sambil melihat kehidupan binatang liar. Danau semayang menjadi habitat pesut Mahakam dan empat jenis burung endemik Kalimantan seperti Bondol Kalimantan (Lonchura fuscans), Sikatan Kalimantan (Cyornis superbus), Tiong-batu Kalimantan (Pityriasis gymnocephala) dan Kancilan Kalimantan (Pachycephala hyphoxantha).
    wisata susur danau semayang dan dan danau melintang
  • Ikut Menangkap ikan secara tradisional bersama pokdarwis desa Pela.
    memancing ikan dengan cara tradisional
  • Melihat kerbau rawa yang pandai berenang di danau melintang
    Kerbau Rawa di Danau Melintang

Bagi yang ingin referensi kegiatan wisata di desa pela silahkan baca blog berikut :

Menikmati Keindahan Danau Semayang di Desa Pela ( Kota Bangun )

Pesut Mahakam, Danau semayang dan Glam Camping di Tanjung Tamannoh

Kunjungan ke Desa Pela dengan Kapal Wisata Pesut Bentong (Juli 2018)

5 Hari Wisata susur Sungai Mahakam dengan Kapal Wisata Privat (Kym & Glorianne, Australia), Des 2018

Siapa yang bisa dihubungi jika ingin berwisata ke desa pela?

Info Kontak Person utk berwisata ke Desa Pela melalui Kota Bangun silahkan hubungi :

Alimin 0813 4724 3689 (ketua Pokdarwis Pela)

Supiyan noor 0813 5124 1821 (Kades Pela)

Isra 0812 5322 9593

Jika anda ingin berkunjung ke desa pela dengan trip wisata eksklusif menggunakan kapal wisata susur sungai dari kota samarinda, dalam rangka family gathering corporation, field trip sekolah, acara perpisahan sekolah dll, bisa menghubungi :


Pesut Bentong
Closing speech
Sekian tulisan saya, semoga berkenan dan dapat menarik minat pembaca untuk berkunjung ke desa pela. Mohon dimaafkan jika ada kekurangan dalam penulisan saya, sebagian disadur dari Wikipedia, website Visit Kaltim, Blog Mahakam Explore, Blog Jejak dunia fadli, dan foto-foto dari social media yang berkaitan dengan wisata desa pela. Tanpa mengurangi rasa hormat saya kepada penulis dan pemilik foto maka saya menyertakan link sumbernya. artikel ini semata-mata hanya untuk tujuan memajukan pariwisata kaltim. Terima kasih.

2 komentar:

Pingin Ke Balabalakang? Baca ini!

hai guys... pasti sebagian dari kalian udah pernah Balabalakang atau balabalagan. gugusan kepulauan nan indah di selat makassar. Balaba...