Tips Bertualang ke Lok Sado


Selamat datang di Aula Start Point Bamboo Rafting

Tips bertualang ke Lok Sado :

# waktu yang pas untuk mengeksplore Lok Sado 1 hari 1 malam. lebih enaknya lagi kalau bukan hari minggu, atau pilih hari sabtu saja biar ga terlalu banyak rakit di sungai sehingga ga khawatir tabrakan atau suasana jadi terlalu ramai.
# dari samarinda ke kandangan, lama perjalanan 12 jam dengan naik Bus Umum ( Non AC Rp.155.000). Keberangkatan Bus Non AC jam 14.00 jam 15.00 jam 16.00 sedangkan Bus AC jam 17.00.
# kalau solo trip, berhenti di terminal Bus kandangan. Banyak ojek yang mau mengantar ke Lok Sado. Pinter-pinter Nego (60.000-100.000). Atau carter mobil kijang antar jemput antara Rp.200.000-Rp.300.000 one way. Lama perjalanan 1 jam (30 km).
# penginapan banyak. Dari Tanuhi hingga Lok Sado.
# pemandian air panas Tanuhi masuknya bayar Rp.3.500,-/orang.
Pintu Gerbang Wisata Air Panas Tanuhi
# Di seberang pemandian air panas Tanuhi ada homestay.
# Di Lok sado ada Homestay Alya recomended karena tidak perlu nyeberang sungai/jembatan, mudah parkir kendaraan dan dekat warung makan tapi hanya ada 5 kamar tidur Rp.150.000/malam (bed&fan) bangunan lantai dua dari kayu dengan teras menghadap sungai Amandit. Tepat disamping Aula bamboo rafting.
View Teras Belakang Lantai 2 Wisma Alya
# Wisma Lok Sado merupakan bangunan beton yang besar dengan jumlah kamar tamu yang banyak. Untuk mencapainya harus menyeberang jembatan gantung atau melewati jembatan Rakit bambu yang disediakan pengelola wisma. Fasilitas Ac Rp.175.000/malam.
# jika ingin bamboo rafting/ rafting perahu karet, hubungi pemilik tempat penginapan. Biasanya mereka langsung menawarkan saat kita check in. Atau datang langsung ke Aula start point bamboo rafting.
#waktu terbaik untuk memulai bamboo rafting adalah pagi-pagi sekali biar ga terlalu panas.
# rute bamboo rafting dari Lok Sado dan berakhir di Tanuhi.
# 1 bamboo rafting di isi 3 penumpang & 1 joki. Biayanya Rp.250.000/rakit. Lama perjalanan 3 jam jadi sangat disarankan bawa makanan& minuman.
# setelah sampai di end point rafting Tanuhi, naik ojek Rp.25.000/orang atau carter mobil Rp.100.000/mobil untuk kembali ke penginapan di Lok Sado. Ga direkomendasi jalan kaki karena jauh.
# rafting perahu karet jalur yang sama dengan bamboo rafting Rp.165.000/orang minimal 4 peserta 1 perahu karet.
# rafting perahu karet jalur extreme Rp.250.000/orang. Akan diantar-jemput oleh penyedia jasa rafting.
# untuk menuju Air Terjun Haratai, jalurnya cuma bisa dilalui kendaraan motor atau sepeda. Carter motor Rp.65.000,- ojek motor Rp.75.000,- lama perjalanan bermotor 1 jam.
Air Terjun Haratai
# jangan lupa, kunjungi Arboretum atau penangkaran Anggrek. Di Lok Sado, simpangan ke kiri diatas bukit.
# pada hari minggu, pengunjung yang menuju Lok Sado di pungut"biaya masuk" di pos jaga dekat gerbang kecamatan Lok Sado. Tapi dari senin-sabtu bebas pungutan biaya masuk.
# jika pulang dari Lok Sado kembali ke Samarinda dengan naik Bus umum. Maka suruh ojek atau mobil carteran mengantar hingga ke pasar kandangan atau terminal Bus kandangan. Bus biasanya melewati kandangan dari jam 18.00 -22.00. Jadi paling tidak, jam 7 malam kalian harus stand by menjaga Bus yg lewat. Kalo nunggu di terminal Bus, penjaga terminal bisa menghubungi supir bus by phone, jadi kalian tidak mungkin ketinggalan. Tapi, jika menunggu di Pasar Kandangan kalian bisa beli Oleh-oleh atau wisata kuliner.
# berikut nomor Contact Person untuk memesan Bamboo Rafting atau Rafting perahu karet 085348048655. taksi Xenia carteran untuk keliling Lok Sado 081349769583. tukang ojek Terminal - Lok Sado 085251700148
#   untuk trip saya pribadi menghabiskan < Rp.750.000,- dari samarinda - Lok Sado PP, tapi itu udah ala maruk wisata kuliner dan bobo di penginapan mid end :D
Wisata Kuliner Pasar Kandangan, Lamang!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rute menuju Kepulauan Balabalagan

Trip SATEBO (Samarinda-Tenggarong-Bontang)