Mengapa ingin selalu kembali ke Danau Labuan Cermin?...

"Apa sih Indahnya Labuan Cermin?!" 

The Real Hidden Paradise, September 2012

birunya labuan cermin, september 2012
ketika cuma ada 2 orang di Labuan Cermin, its Perfect! feels your Private Paradise
september 2012
Bening banget...bertahan dar 2012 sampai 2016


Labuan Cermin, Desember 2014



















air bening sampai ke dasar Labuan Cermin, Oktober 2015


Labuan Cermin Trip Arranged by BIOTO, Oktober 2015

Labuan Kelambu, Oktober 2015

Labuan Cermin, Januari 2016

have been there, Januari 2016

batang kayu yang terawetkan di dalam Labuan Cermin, Januari 2016
 

          Hemmm,itu pertanyaan yg sering ku jawab selama 1 tahun belakangan ini.  Bagi yg belum pernah kesana, pasti penasaran.  umumnya Labuan Cermin disebut danau dua rasa.entah layak disebut danau atau lebih cocok disebut teluk.  berikut beberapa alasan para traveller yang sangat memuja keindahan Labuan Cermin : 

  • bagi yang pernah kesana mayoritas setuju dengan keindahan warna air danau yg biru Tosqa.warna air danau seperti itu juga dimiliki oleh Danau Kaco di lereng Gunung kerinci.namun Danau Kaco adalah Danau air tawar.
  • airnya bening seperti kaca yang transparan hingga ke dasar danau.hingga ikan-ikan yang didasar danau dapat terlihat.jika ingin berenang bersama kerumunan ikan maka beranikan diri menuju ke tengah danau atau dekat pompa PDAM tapi berhati-hatilah karena ada beberapa tempat yang arusnya kuat.jangan terkecoh air yang terihat dangkal.kedalaman Labuan Cermin saat pasang mencapai 23 meter sedangkan saat surut 14 meter.
  • permukaan airnya seperti Cermin yg dapat memantulkan bayangan wajah kita itulah yg menjadi asal muasal sebutan Labuan cermin.
  • Labuan Cermin adalah salah satu Keajaiban Alam yang disebutkan dalam Al-Quran.dimana Air laut dan Air Tawar bertemu namun tetap terpisah.di Amerika Tengah ada fenomena seperti ini,tapi itu berupa aliran air tawar yg berada dibawah Laut namun memiliki endapan gas beracun yang berbahaya bagi para penyelam.
  • begitu kapal memasuki labuan cermin,serasa seperti memasuki Dunia Lain.tak bisa digambarkan dengan kata-kata.jika anda ingin merasakannya maka datanglah pada waktu yg tepat,sekitar tengah hari dan tidak ada pengunjung lainnya,maka Labuan cermin adalah surga&kedamaian yang menjadi milik anda seorang.hembusan angin disela-sela pepohonan,cuaca cerah dan sejuk yang akan membuat anda terbuai dan menjadi kenangan yg tak terlupakan.
  • 5 -10 menit trekking ke arah hutan, anda bisa menemukan Danau tersembunyi yang menurut info dari penduduk merupakan danau yang menjadi asal muasal nama Desa Labuan Kelambu. danau yang bernuansa mistis dan belum banyak orang yang pernah berenang disana. air Danaunya bening dan sangat dingin.
  • jalur trekking menuju Danau Atas Labuan Cermin
Here We are, the pioneer of the first Traveller To be there...
Inilah Danau Labuan Kelambu

        untuk trip full explore Biduk-Biduk (Labuan cermin & Teluk sumbang & Pulau Kaniungan), Hubungi contact person BIOTO (0813 4768  9518 only Phone & Whatsapp) atau add PIN BBM 5D4BBCB1.

          saya tidak bilang para pembaca "HARUS" ke Labuan Cermin, namun hampir semua traveller yang kesana selalu ingin kembali menikmati keindahan Danau Labuan Cermin.jadi...jika bingung mau ke sana tapi belum tahu Rutenya silahkan klik beberapa link Blog dan komunitas backpacker berikut : 


5. grup FB Samarinda Backpackers : https://www.facebook.com/groups/SamarindaBackpackers/ 



         Jangan ragu berwisata ke Danau Labuan Cermin , niscaya akan disambut dengan warga Biduk-biduk yang sangat Ramah, meskipun jalur transportasi daratnya kurang mulus tapi itu semua layak dijalani untuk keindahan yang ditawarkan oleh Danau Labuan Cermin. bagi ingin mengetahui jalur darat menuju Biduk-iduk bisa membaca artikel Road Trip Jalur Darat Samarinda - Biduk biduk jika ingin berwisata kesana, jangan lupa jagalah kebersihan! lakukan hal-hal kecil berikut : 

  • sebaiknya hindari pemakaian sunblock jika ingin berenang/snorkeling disana.
  • jangan meninggalkan sampah di kamar ganti dermaga.
  • buanglah sisa-sisa bungkus makanan,tisyu,plastik,sampah kering di tempat sampah yang telah disediakan. 
  • jangan mencuci bekas peralatan makan di danau labuan cermin.
  • berbilaslah tanpa memakai sabun/sampo.
        

link sumber data : 
#1. bgl.esdm.go.id/sbg/dmdocuments/GEOMAGZ201203.pdf 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rute menuju Kepulauan Balabalagan

Trip SATEBO (Samarinda-Tenggarong-Bontang)