Discover new hidden paradise in Balabalagan Islands-Kabupaten Mamuju-Sulawesi Barat


We Are the first Explorer on Balabalagan Island

     Jengjeng...jam 1 siang naik angkot dengan carrier besar+plastik berisi 3 peralatan snorkling.sampai diterminal bayangan loa janan,sambil nunggu mas taufik&mas imron,rumpi2 dulu sambil pamitan ma teman2 by phone.akhirx mas taufik sampai dan ngedumel gara2 hapeku sibuk mulu hahaha,maaph!abis hompimpah nentukan rute,akhirx diputuskan ikut rute yg dibuat ma firman.kami bertiga naik bus BPP non AC dengan membayar Rp.21.000,-/orang.mas taufik yg autis banget ma dunia,asik ma gadgetx,akhirx aku dan mas imron mengobrol diperjalanan yg cuacanya bentar panas bentar ujan,galau gitu!

     kehabisan bahan obrolan,aku berusaha tidur sambil memeluk carrier dipangkuan.sampai diterminal batu ampar,kami naik angkot menuju pelabuhan klotok di kampung baru dengan membayar "tarif gelap"mengapa demikian?!berdasarkan catatan dari firman,naik angkot dari terminal batu ampar ke pelabuhan klotok kampungbaru berbayar Rp.3.000,/orang,tapi dengan seenaknya sopir angkot memungut Rp.5.000,/orang what the hell!!!kena roaming.sampai di pelabuhan klotok,sebelum menyeberang,kami makan coto makassar di sebuah warung makan.terharu bo!pertama kali makan coto makassar,ditraktir pula!hahaha thanks berat ma mas taufik.

we are survival team of Balabalagan

     jam 6 sore kami naik speedboat utk menyeberang ke penajam dengan membayar Rp.20.000,-/orang,disini juga kena roaming sodara2!karena kesorean tarif speedboat Rp.12.000/orang dinaikkan menjadi Rp.20.000/orang.speedboatnya aje gile cuuyy,macet ga mau jalan,padahal senja mana ditengah laut.wajah mas taufik itu rada2 ngeselin gitu ngeliat aku,perpaduan antara ketawa kesian atau ketawa lucu gitu yeee,ampun dije,sempat meneriakkan kepanikan via socmed,akhirnya mesin speedboat menyala dan berhasil mengantarkan kami ke pelabuhan penajam.
     jam 7 malam kami sampai dipelabuhan dan langsung mencari ojek menuju terminal penajam dengan membayar Rp.5.000,-/orang.di terminal penajam,kami mencari taksi call yang akan mengantar kami menuju Grogot.cuma ada 1 mobil dengan 5 penumpang yg menunggu didalamnya.kami memasukkan tas kami dibelakang mobil dan memutuskan duduk2 diterminal sambil menunggu taksi call penuh.

me with saboyang island childrens

     dari jam 7.00-08.30 kami menunggu,akhirnya supir mau berangkat itu pun dengan"memaksa"penumpang membayar Rp.50.000/orang karena mobilx tidak memenuhi kuota 10 orang padahal tarif normalnya Rp.40.000/orang.karena seluruh penumpang dah ga sabar utk berangkat,akhirnya "tarif gelap"disetujui.dengan kecepatan yg luar binasa!sopir memacu taksinya menuju grogot dan sampai tepat jam 11.30 malam.
     kami berhenti didepan kantor Bupati Grogot.firman dan kirey datang menjemput kami dengan berjalan kaki.malam itu kami akan bermalam dirumah firman.sampai dirumahnya,kami langsung mandi dan beristirahat dari perjalanan estafet yg panjang dari samarinda menuju grogot.aku dan kirey tidur dikamar,sebenarnya ga tidur,ekh malah ceritaan sampe subuh.cerita yg rempong banget perjalanannya tapi sumpah seru banget karena ketemu dan kenal lebih dekat ma mas taufik,mas imron dan mpo kirey. 

Jumat,12 April 2013. 

     Jam 06.30 bangun dengan mata sepet gara2 baru bisa memejamkan mata selama 2 jam(salahnya mpok kirey ngajak ceritaan sampe subuh).mandi dan sarapan dulu,yang udah disiapkan mamanya firman(makasih berat cil!).alhamdulillah,sempat bikin goodday mochacinno untuk sarapan.

ate lunch on three sandbanks

     taksi lori udah datang menjemput,jadi aku,mas taufik,mas imron,kirey,firman dan adi mulai mengangkat barang2 untuk kemping di pulau saboyang.karena barang bawaan sangat banyak,akhirnya sebagian barang dipangku biar 10 orang cukup didalam taksi lori yg kami carter.tebak,gue kebagian mangku apa?!gue mangku sepiring telor!haseemm,cuma 1 doa yg kupanjatkan,mudah2an ga pecah,ameen.
     pak ferry yg pertama kami jemput,kemudian abang udin,ulil dan aan.lengkap 10 peserta trip,kami pun menikmati perjalanan menuju desa lori yg dangdutan abis selama 1jam.sepanjang jalan,aku dan kirey bercanda mulu,sampai2 seluruh pendengar taruhan kapan kami berhenti cerita hahahaha.ikhhh klo ga cerita sambil bercanda ya perjalanannya ga seru dan monoton dong...iya kan!jam 9 sampai di desa lori,pelabuhan tempat kapal kami menjemput untuk mengantar kami berkeliling di kepulauan balabalagan selama 2 hari kedepan.
     jam 09.30 kapal kami bertolak dari pelabuhan lori menuju laut lepas perairan selat makassar.long...long journey terombang-ambing dilautan.kami duduk diatas atap kapal sambil melihat pemandangan laut.aku berharap setidaknya bisa melihat lumba-lumba tapi akhirnya tidak ada sama sekali.bosan duduk diatas kapal akhirnya kami turun ke bawah dan mulai mencari posisi tidur yg enak.setelah tidur hingga jam 12 siang,kami bangun dan mulai merasa kelaparan.berhubung ada cemilan amplang,kami makan rame2 tuh amplang.

slept on the island bridge

     tak lama kemudian kami sampai ke beberapa gusung,kapal kami pun melambat untuk memberi kesempatan teman2 memfoto.kami tidak singgah ke gusung tersebut dan mulai melanjutkan perjalanan.tepat jam 1 siang kami sampai di deretan 3 gusung,kami putuskan singgah untuk makan siang dan bermain sebentar.kapal dah bersandar,kami menurunkan peralatan utk makan siang.aku dan firman langsung pasang aksi di teluk gusung yg bener2 mengingatkan kami dengan gusung sanggalau di derawan.kami pasang gaya dihadapan mas imron yg jadi photgrapher dadakan.
     kami mau jalan2 sebelum makan siang.baru beberapa menit menyusuri pantai gusung ternyata kirey nemu cangkang kerang yg besar dan indah banget.dengan berbagai upaya kami berusaha merebut karang itu tapi mpo kirey dengan gagahnya mematahkan semangat kami untuk merebutnya,hahahahApes.perut mulai laper jadi kami kembali ke tempat anak2 lain pada ngumpul menggelar spanduk untuk alas makan siang bareng.mas taufik sempat aje bikin kopi panas di gusung,tapi keren ye...makan siang,ngopi bareng,sesi photo hot+narsiz di gusung terpencil ditengah laut,pokoke numero uno deh satisfy nya.udah kenyang,rasanya laut pun memanggil-manggil kami untuk diselami.berhubung alat snorkel ku ga bs diajak kerja sama,akhirnya minjem alat snorkelnya mas taufik untuk menemani firman memetakan terumbu karang,eciyeee...foto2 dan merekam keindahan underwater gusung maksutnye.kami kalah cepat sih,abang udin yg baru aja kapal bersandar udah nyebur duluan dalam rangka meresmikan alat snorklingnya yg udah lama dibeli tapi belom pernah diresmikan,ngekkk.

Trio TRaveller

     kelakuan ulil lebih ajaib lagi!ogah2an turun dari kapal gara2 takut basah,setelah disemangati akhirnya dia mau turun dan dengan suksesnya jatuh nyungsep dari kapal,hahahahaha.jatuh 1x itu ganjil,akhirnya ulil menggenapkan jatuhnya menjadi 2x hahaahha.ulil hobi jatuh rupanya,hingga timbul candaan"daripada aku jatuh ke laut,mending aku jatuh dihatimu"untuk ulil ngepas banget!okeh,lanjut mendokumentasikan keindahan hard&soft coral di gusung 3,pemandangannya bener2 indah bikin takjub,terpesona,kagum dan bangga.
     ketemu ikan pari,ikan2 karang dan yg paling mengharukan ketemu Lion fish yang bertahta disebuah koral besar yg indah dan dikelilingi prajurit2 dan dayang2 ikan karang yg seakan2 menari dihadapan raja lion fish.hikzzz thanks God,you gave me the chance to see this beautifull moment.karena kami menyelam sudah terlalu jauh dan tak terasa kakiku tergores karang hingga meneteskan banyak darah,akhirnya aku dan firman memutuskan kembali ke gusung.kami disambut mas imron,mas taufik dan kirey yg ternyata abis bikin photo narsiz.
     karena udah jam 2.45 kapal kami mulai melanjutkan perjalanan menuju pulau salissingan.kami mulai berkemas untuk menaiki kapal.bener2 deh gusung 3 ini mantap banget sebagai lokasi foto narsiz berbackground laut biru(bisa diliat di foto mas taufik) dan juga best of the best lokasi snorkling dengan terumbu karang yang indaaaahhhh bangeettt. 

Jumat, 12 April 2013. 

     Jam 2.45 kapal kami memulai perjalanan dari gusung 3 menuju Pulau salissingan.karena sengatan matahari udah berkurang,kami rame2 duduk diatas kapal sambil menikmati pemandangan laut dan bertukar cerita.jam 04.30 kami sampai di pulau salissingan.laut disekitar pulau sangat jernih dan biru woowwbangettt.kami kira akan ada sesi snorkling ternyata ga ada.karena kesorean,kami akan singgah untuk bertamu ke rumah kepala dusun bala balagan dan berfoto di tugu selamat datang ke mamuju sulawesi barat.kami naik melalui dermaga pulau dan langsung disambut dengan warga pulau yg antusias banget melihat kami.

we are the coolest team ever :)

     para ibu2 haji yg cantik heboh minta difoto dan direkam dalam video yang sengaja kami bawa untuk mendokumentasikan perjalanan kami.setelah puas beramah tamah dan berfoto ria dipulau salissingan,kami langsung menaiki kapal lagi untuk menuju pulau saboyang.perjalanan tidak memakan waktu lama,jam 05.30 kami tiba di pulau saboyang.
     berhubung dah dekat dengan waktu magrib,kami secepatnya menurunkan seluruh barang untuk persiapan kemping.kami akan kemping selama 2 hari dipulau saboyang karena disini adalah pulau satu-satunya yang memiliki persediaan air tawar.setelah meminta izin kepada adik kepala dusun kami mulai mencari lokasi untuk mendirikan tenda.karena terlalu banyak barang yg harus dibawa,kami dipinjami gerobak.si Adi apes karena dia yg berkewajiban mendorong gerobak berisi barang2 kemping,hahaha.dia berkata,"ada ojek ga dipulau ini?ojekin gih ni barang"ngekkkk,motor aja ga ada,palagi ojek dipulau terpencil gini,hedegh...si adi mah kebanyakan alibi ga mau dorong tuh gerobak.
     sampai dikebun kelapa tepi pantai,teman2 berpencar untuk mencari lokasi kemah terbaik,apakah dekat lapangan yg ada sumur air tawarnya atau di kebun kelapa tepi pantai supaya bisa liat sunset dan sunrise.akhirnya pilihan dijatuhkan di opsi kedua!3 tenda didirikan dikebun kelapa.aku dan firman meninggalkan teman2 yg mendirikan tenda,kami berdua mencari pinjeman wajan dan panci dandang untuk memasak.

floating on sparkling sea of Popongan island

    saat berjalan dikeremangan senja(eciyeee,lebay situation)seorang ibu haji menawari kami untuk mandi dan berganti pakaian,ga perlu nunggu 2x ditawari gsung kami terimaaaa tawaran ibu yg baik hati itu.aku duluan dapet giliran mandi,baru firman.setelah selesai mandi dan mengobati luka akibat karang,kami berpamitan dan mengucapkan terima kasih kepada atas kebaikan ibu haji dan keluarganya.
     kami langsung menuju warung adiknya kepala dusun balabalagan untuk meminjam wajan dan panci.betapa senangnya kami boleh meminjam alat masaknya,uwaoooww.kami balik ke tenda.mpo kirey lagi asik masak sosis,aku pun ikut membantu.bener2 ni lokasi kemah bener2 kedatangan tamu dari seluruh anak2 pulau saboyang.ga ketinggalan juga ibu-ibunya.mereka sibuk memperhatikan segala hal yg kami lakukan.
     jadi harap dicatet!!!bagi yg ingin kemping dipulau ini,jangan kaget dengan antusiasme warganya.justru disitu letak keunikannya.kita bisa melebur dengan kearifan lokal,yg tidak bisa kita temukan diperkotaan.jadi kemping artinya ga ada privasi tapi timbal baliknya kita menjadi akrab dengan seluruh penduduknya,terutama anak2nya.
     mas taufik yg bener2 menjadi magnet anak2,dia tanpa henti dikerubungin anak2,hingga dia akrab kami sebut"pengeksploitasi anak2"ahahahaha jangan salah paham!sodara2...mas taufik disenangi anak2 hingga perintahnya selalu dilakukan anak2 tanpa perlu mengulangnya 2x.

Damn, we love voluntourism

     haseppp.jam 9 malam akhirnya tenda kami mulai sepi karena anak2 dan para ibu udah pulang kerumah masing2.aku masuk tenda dan berisitirahat.meski udara gerah banget,aku bertahan tidur sendirian ditenda.diluar,ada ulil,abang udin ma aan yang bobo rame2 kayak ikan asin saking ga tahan gerahnya.yang lain dah terlelap,ternyata mas taufik dan mas imron lagi sesi curhat ala keluarga sakinah,mpo kirey jadi saksi curcolan mereka.coba ye direkam di handycam isi curhatan mereka,dijamin ketawa ngakak.sayangnya...bang udin udah teparrr jadi ga bisa ngerekam aksi stand up comedy duo sakinah itu,huh! 

Sabtu, 13 April 2013. 

this is it...books&stationery for
Saboyang Elementary school

     Jengjeng...sabtu pagi,bangun dengan melewatkan sunrise huh!!!gegara kecapekan sih,mau gimana lagi.bangun pagi langsung siapin sarapan,rencanax mau bikin mie goreng ma telor untuk sarapan dan nasi goreng utk makan siang.ternyata waktu sangat sempit sodara2!waktu udah menunjukkan pukul 7.00 pagi,sedangkan jam 9.00 kami harus berangkat menuju pulau popongan,gusung,dan pulau samataha dan kami juga ada kegiatan bagi2 peralatan tulis menulis di SD setempat sebeum berangkat.
     tiba2 ada pertolongan datang,ada anak yg menjajakan nasi kuning 8 bungkus dengan harga Rp.3.000/bungkus.muraaaaahhhh banget!!!dikota mana dapet segitu,akhirnya tuh nasi kuning diborong utk dijadikan sarapan,dan kami lanjut memasak nasi goreng utk makan siang.selesai masak dan sarapan,aku,mas taufik,mas imron,firman,kirey,ulil dan adi menuju SD yg dekat dengan lokasi kami berkemah.saat itu,aku membawa dua puluh paket alat tulis menulis dan mpo kirey juga sama.kami memang janjian dari sebelum trip utk menyumbang pada SD setempat.

me on saboyang bridge

     alhamdulillah janji udah ditepati.kami berfoto di SD P.Saboyang yg hanya terdiri dari 4 ruangan kelas dan jumlah murid kelas 1-kelas 6 ga sampai 40 orang!gurunya ada 3,tetapi yg aktif ngajar cuma 1,dua lainnya sedang pulang ke sulawesi.itulah gambaran seberapa mirisnya pendidikan di daerah seterpencil Balabagan.kami menunggu ibu guru mereka untuk meminta izin membagikan paket alat tulisnya.kami bertanya kepada murid2 sekolahnya,biasanya jam berapa mereka masuk sekolah,mereka berkata bahwa jam sekolah mereka antara jam 10 atau jam 11 karena mereka harus menunggu ibu guru mereka memasak,mencuci dan melayani suaminya dulu baru ke sekolah untuk mengajar,uwaaooo!!!i couldnt say anything!
     akhirnya,setelah menunggu agak lama,ibu guru yg ditunggu datang juga.kami menyampaikan maksud kami untuk membagikan alat tulis kepada seluruh murid,yg langsung disambut hangat oleh ibu guru(yg lupa kami tanya namanya siapa).semua murid udah dapat paket,masih ada sisanya kami berikan kepada ibu guru.kami pun berpamitan untuk meninggalkan sekolah dan bersiap menaiki kapal untuk hopping island lagi. 

Sekolah Dasar Pulau Saboyang

     jam 9.30 teng....kapal kami bertolak menuju pulau popongan.syukur deh,perjalanan tidak begitu lama seperti yg kemarin2 sampe mabuk laut.pulau popongan,pulau samataha,pulau salissingan dapat dilihat dari pulau saboyang.tapi apa yg dilihat dilaut sungguh fatamorgana karena dekat dilihat jauh dijalani,weksss,rata2 perjalananx memakan waktu 1jam lebih.tapi,its worth it bangettttt!!! 

     Ngeliat pantai pulau popongan yang biru dengan pasir pantai berwarna krem dari kejauhan,bener2 langsung mengingatkan pada pulau Maratua di Derawan.cap cyusss deh langsung menuju pantainya!sebelumnya berbasa basi dulu ma warga pulau popongan ya!setelah itu baru menikmati lembutnya pasir pantai.pokoke kaguuummm banget ma keindahannya!air laut yg jernih membuat kami langsung pasang aksi!ekh,maksutnya pasang alat snorkeling untuk mencari terumbu karang.

Ayo Voluntourism !

     ternyata kami kuciwa sodara2!ga da terumbu karangnya.tapi tiba-tiba...teman2 berteriak ada hiu!hati2!karena penasaran banget,aku dan firman udah mencari spot dekat rumah bagang yg kelihatannya cukup menjanjikan,tapi sekali lagi temen2 berteriak,ada penyu!!!langsung deh kami berenang untuk mengejar sang penyu,tapi kalah cepat!si penyu tak terkejar!jual mahal amat sih cyinthh!ga sampai setengah jam kami berenang,udah 4 penyu lewat seakan-akan mengejek kami dengan makna tersirat"kejarlah daku,kalau kau hebat"haseeemmm,nasib ga pernah sukses menangkap penyu yg lagi berenang dari trip di derawan hingga ke popongan.
     putus asa,ga dapet terumbu karang dan penyu,kami naik ke pantai dan memulai sesi photo bareng di gapura bersama warga pulau popongan.warga pulau disini sangat ramah loh!mereka antusisa banget menyambut kami.setelah dirasa cukup berfoto dan menikmati pulau popongan,kami pun bersiap melanjutkan perjalanan menuju gusung putih. 

Mari Berbagi

     Setelah 1jam perjalanan,kami sampai disebuah gusung tandus tanpa satupun pepohonan,hanya ada sedikit tanaman merambat.tapi jangan salah!!!gusung ini memiliki hamparan luas terumbu karang keras yg luas!bahkan sampai ke garis pantai!langsung teringat ma postinganku tentang pulau di Togean yg terumbu karangnya bisa diliat langsung dari tepi pantai,woowww!aku mencoba snorkling tapi rasanya horror banget,air laut yg surut meningkatkan resiko bakal tergores karang atau nyangkut duri bulu bebong,finally i give up!setelah snorkling 10 menitan.sunbathing dipantainya saja sambil nungguin kirey yang minta difotoin underwater ma firman.
     rupanya kirey disini serangan panik pemirsa,gara2 ga biasa pake kaki kataknya.untung ketinggian air cuma sedada,jadi ga tenggelam tapi kandas aja hahaha.cape dan lapar,aku dan firman kembali ke kapal.aku,adi dan firman makan siang duluan,sementara yg lain masih foto2 narsiz.beberapa saat kemudian,teman2 mulai naik kapal untuk melanjutkan perjalanan menuju pulau samataha.cap cyusss kesana dengan ombak laut yg yahud banget seperti irama musik dangdut. 

Sabtu, 13 April 2013. 

     Jengjeng..we goes to Samataha Island!namanya mirip nama pulau habitat penyu di biduk-biduk!dari gusung putih memakan waktu 1 jam lebih menuju pulau Samataha.sampai di dermaga pulau,kapal merapat dan teman2 mengangkat persiapan makan siang bareng.kebetulan ada tempat bernaung di dermaga.jadilah yang belum makan siang dipersilahkan untuk makan.

 On Samataha Bridge

     baidewei,disini ulil curi start duluan,begitu kapal merapat,dia langsung snorkling!akhirnya ulil mau juga nyebur,setelah sebelumnya mesti jatuh dulu berkali-kali padahal ga pengin nyebur karena alibinya ga mau basah!iye sih,dimana-mana ulet bulu mang ga suka air.
     ujung dermaga yg menuju pantai ternyata putus gara2 diterjang ombak.so,pilihannya,turun dari kapal dengan kedalaman air 2 meter(berdasarkan perhitungan mas imron) atau memanjat turun ala spiderman dari ujung dermaga yg patah.opsi pertama yg ku pilih,jadi safety first dulu,alat snorkling dan live vest dipake baru nyebur.
     warga pulau yg antusias dengan kedatangan kami menyuruh kami ke bawah dermaga.katanya disitu ada 12 kerang kima raksasa berukuran 1 depa orang dewasa.wow!langsung deh lompat dari kapal,cap cyuuss ke tekapeh dan ternyata benar banget,sodara2!kima nya jumbo banget.agak horor juga mendekati kima segede gaban gity.kalo aja dia tiba2 membuka mulutnya dan melahap kepalaku sampe putus,maka catper ini bakal tiada terekspose kepada pemirsa sekalian yg budiman.okeh,udah cukup mengagumi kima raksasa,aku langsung berenang menuju terumbu karang yg dekat pantai.rupanya adi lagi sibuk memfoto nemo.dia menyuruhku berfoto dengan nemo.setelah difoto narsiz dengan nemo,gantian dia difoto.tapi,tiba2 kamera underwaternya tiba2 mati gara2 kehabisan batrai,sabar ye cyinthh!lanjut snorkling lagi.

Santai di Kebun Kelapa Pulau Saboyang

     asik snorkling ternyata terjadi peristiwa besar pemirsa!mpo kirey tenggelam!kejadian itu direkam oleh aan dengan handycam abang.setelah berteriak kepada aan kalo dia tenggelam tapi malah dikira main-main,kirey berteriak minta tolong ma mas imron yg berenang agak jauh.akhirnya kirey ditolong pak supa sopir kapal.beliau langsung lompat dari kapal ala david hasselhof dalam film baywatch.
     sungguh cerita paling berkesan.setelah diselamatkan ke tempat yg lebih dangkal,kirey ngomel2 karena jadi korban tenggelam dan tidak dipedulikan oleh teman2 yg pada sibuk ngerekam video,foto2 dan snorkling.mas imron mendapat somaysi karena memberi info yg menyesatkan tentang kedalaman air yg katanya cuma 2 meter,setelah diukur kirey sampe dasar(saat tenggelam)ternyata kedelamannya jadi 4 meter.setelah diwawancarai,penyebab kirey tenggelam adalah keram perut karena sebelum snorkling sempat makan ngabisin 2 piring(kata aan loh).berhubung lautnya tiba2 pasang!dari 2 meter langsung jadi 4 meter dalam hitungan menit(terhitung dari mas imron menyatakan kedalamannya cuma 2 meter hingga kejadian perkara tenggelamnya kirey yang berselisih kurang dari 30menitan). oleh karena itu terjadilah drama action kirey tenggelam di pulau samataha.

popongan island, best beach on Balabalagan islands

     sumpe lo!aseli ngakak ngeliat video rekaman aan saat kirey tenggelam.abisnya posisi kirey saat itu timbul-tenggelam kayak lumba-lumba berenang tapi dengan posisi vertikal,bukan posisi streamlie dengan permukaan air.hahaha,udah cukup sekian kirey-bullytime.pokoke ga sabar nunggu video kiriman abang yg rencananya akan dibagikan ke semua pihak yg mendukung terjadinya trip balabalagan.
     puas menerima ayat2 cinta dari kirey sang korban tenggelam,kami beramai-ramai menuju pantai.disini mas imron dapat bisikan goib,katanya dipulau samataha ada air terjunnya.wow,jadilah kami semangat menuju daratan.setelah sampai dipantai,kami mengobrol dengan warga pulau,kami pun kecewa karena ga ada air terjun dipulau.dasar mas imron!ngasi info salah mulu,maklom beliau pake sumber berita dari kantor Antara(antara ambigu atau nyata,maksutnya).

ini TPA di Pulau Saboyang

     karena sepertinya air laut mulai surut,snorkling jadi kurang menyenangkan,kami memutuskan kembali ke kapal.kami berpamitan dengan penduduk pulau,sambil menitipkan pesan agar kima raksasa itu jangan dijual dan harus dilestarikan.mengapa demikian?karena keindahan terumbu karang pulau samataha sangat menjanjikan untuk dikembangkan menjadi pulau wisata.kami sebagai traveler yg merintis rute wisata kepulauan balabagan memiki pesan moral yg ingin disampaikan kepada penduduk pulau agar mereka sadar dan berperan aktif utk menjaga kelestarian terumbu karang.jangan membuang sampah plastik kelaut.jangan menginjak terumbu karang.salut buat teman2 semua yg ikut mensosialisasikan tentang pelestarian terumbu karang

Sabtu,13 April 2013. 

     Setelah puas menikmati keindahan terumbu karang di Pulau Samataha,kami kembali ke Pulau Saboyang tempat kami berkemah.jam 4 sore kami sudah sampai di dermaga,anak2 lain menuju tenda sementara aku,firman,mas imron,pak ferry dan adi ingin bersnorkling di dermaga.kebetulan air laut lagi surut,jadi kami tak menyia-nyiakan kesempatan melihat hamparan terumbu karang keras.
Camping Site yg Ga pernah Sepi pengunjung
     ajib banget pemandangannya cyinthh!ikan2 karang berenang kesana kemari diantara karang,ikan2 transparan yg berukuran 10-15cm berparade tanpa putus seakan-akan tak terganggu dengan kehadiran kami.aku mencoba berenang menghalangi parade mereka,namun dengan halus mereka menghindar dan kembali berarak,woow!Subhanallah!agak jauh dari dermaga ada seperti parit besar yang ditumbuhi karang,agak horor pemandangannya tapi ikan karangnya agak besar.
     ternyata disekitar sini,bang imron ketemu ma gurita besar yg berkamuflase diantara karang.katanya sih,guritanya kaget dan merubah warna tubuhnya menjadi merah.tanda gurita marah jadi sebaiknya bersikap bijak dengan menghindarinya.mantab bang imron!

Suasana Kapal yang anti panas&Hujan

     udah puas berkeliling dihamparan terumbu karang dekat dermaga,aku dan firman memutuskan pindah tempat.dari dermaga,terlihat ada gusung.hohoho,yuk mari bertualang kesana!setelah menyusuri pantai selama 10 menit,kami melihat gusung yg memanjang dari garis pantai terdekat.
     okeh,saatnya beraksi!pasang alat snorkling dan live vest,mari berenang menuju gusung.air lautnya panas cuuyy,kalah2 panasnya air pipis,woopss.setelah melewati pasir dan rumput laut jengjeng...pemandangan yg sangat mengerikan terbentang didepan mata!serasa jadi serdadu amerika dalam perang vietnam!seperti nyasar diladang ranjau darat terbesar dibumi.uhhukkk.didepan kami ada hamparan terumbu karang yg agak jarang,tapi dihiasi oleh bulu bebong!sepertinya natal datang kecepatan deh,karang dan bulu babi seperti bersaing untuk mengalahkan keindahan pohon natal yg sering ku liat saat natal dirumah pamanku.
     o00w,boleh lambaikan tangan ke kamera ga?!jelas2 aku bakal ga bisa menyeberangi ladang bulu bebong dengan air laut yg surut tanpa terrsangkut durinya.tapi,firman ingin terus maju,dia berkata"ayok po semangat,gusungnya udah dekat ko,ikutin aku aja,aku yg cari jalan amannya!"hikzzz mudah diucapkan tapi susah dijalankan.setelah maju selangkah demi selangkah diantara bulu babi yg bergerombol.berenang diatas hamparan bulu babi dengan tampilan zoom dibagian durinya melambai-lambai seakan-akan mengucapkan "hello,sentuhlah duriku"aje gile,serasa fear factor banget deh!

bukan Iklan minuman Ringan :D

     akhirnya track sejauh 50 meter dengan hamparan karang dan bulu babi yg menggoyahkan iman bisa terlampaui,huh!keknya gue pantas mendapatkan gelar fear factor deh!gusung yg kami datangi ternyata bukan terdiri dari pasir,melainkan dari pecahan karang dan cangkang hewan laut.sudah puas berdiri di hamparan gusung tanpa terumbu karang yg bagus,akhirnya kami memutuskan pulang.
     huffttt!udah sempat berpikir untuk menyuruh firman pulang duluan,sementara aku menunggu digusung untuk minta dijemput ma kapal pak supa.ampun dije ga sanggup mengulang berenang diantara ladang bulu bebong.tapi tetep,berusaha maju dan gak putus asa!itu sifat yg diperlukan jika ingin menjadi the real adventurer,ya kan?!udah kepalang basah,ogah juga ditinggal digusung sendirian,aku mulai ngekorin firman.hedegh bulu bebongnya cyinth seakan preman tanah abang yg ga mau kasi lewat kalo ga dikasi duit.10 meter pertama beratraksi menghindar gerombolan bulu bebong,hingga akhirnya firman berubah arah tiba2,entah mengapa.tapi ternyata,setelah 10 meter,penampakan bulu bebong udah ga da satupun!alhamdulillah!20 meter selanjutnya kami lalui dengan rumput laut dan pasir laut dangkal.
     setelah sampai di pantai,yg kukatakan kepada firman pertama kali yaitu"kenapa ga ambil rute aman kayak perjalanan pulang tadi sih?horor tau lewat ladang bulu bebong"si firman malah ketawa2 ajeh dan berkata"kalo ga gitu ga seru po!"huassemmm.kami beristirahat dipinggir pantai selama 10 menitan,baru kemudian menuju dermaga utk mengembalikan live vesta dan barang kami yg mau dibawa ke tenda.

Beautifull Me :D

     sudah jam 5 sore,kami mau menikmati sunset terakhir di pulau saboyang.ceritanya tuh!ternyata ga sempat liat sunsetnya!kenapa?gara2 acara malam terakhir anak2 sepakat mau bakar ikan.jadilah aku dan kirey harus mencari ikan,ada ibu yg baik hati mau membantu kami mencari ikan,mencarikan sabut kelapa,meminjami cobek dan memberi daun pisang.takira dekat ternyata jauh amit cyinth rumahnya!tapi udah dipinjami ga boleh ngeluh ya kan!kami berdua berjalan sambil menatap miris sunset yg perlahan tenggelam.
     sesampainya dirumah si ibu,kami disuruh mendatangi kapal nelayan yg akan berangkat membawa ikan hasil tangkapan.rupanya ikan disitu dibagi-bagikan gratis,kami diberi 3 kiloan lebih ikan biji nangka.woow,indahnya kearifan lokal yg suka berbagi antar sesama,hikzzz,sungguh terharu! 
izin dulu ya kan dengan Kepala Dusun
     jengjeng...serasa abis ngerampok isi dapur rumah warga hahaha.saking berhasilnya,kami bingung membawa hasil jarahan kami.ih...apa-apaan sih,wajahku dan kirey ga ada tampang perampok harta benda,pemirsa!kami hanya bisa melakukan 1 jenis perampokan,yaitu merampok hati seseorang,eciyeeehhh.seperti sebelumnya diceritakan,kami mendapat sumbangan ikan sebaskom besar,sabut kelapa kering untuk membakar ikan,sehelai daun pisang,pinjaman cobek dan uleknya yg segede gaban.
anak-anak Pulau
     aku dan kirey berbagi tugas untuk membawa barang tersebut.kirey membawa cobek,ulekan dan baskom berisi ikan.aku membawa 6 biji sabut kelapa utuh dan sehelai daun pisang yg akan dijadikan alas ikan yg sudah dibakar nanti.udah serasa pelayan RM.padang ajeh,ditangan bersusun sabut kelapa dan daun pisang.lebih malangnya lagi,sabut kelapa ada jebakan batmannya alias banyak semut merahnya,hikzzz!abis deh tangan gue digigitin.tapi lebih kesian lagi ma kirey.emang ye emak ma pembantu cuma beda2 tipis,wo0_0psss.sungguh bukan pekerjaan yg mudah membawa barang yg berat sambil trekking 300an meter.
     kirey udah tampilan wonder women membawa cobek batu dan baskom berisi ikan.sedang gue jadi putri fiona membawa sabut kelapa dan daun pisang,wwkkk.akhirnya sampai juga di tenda yg seperti biasa,dipenuhi oleh anak2 dan ibu2 yg antusias ingin ikut pesta bakar ikan yang kami adakan dengan mengundang seluruh warga pulau,hasek ga?!tapi...suasana semakin gelap sedangkan api unggun dan perapian untuk membakar ikan belum juga nyala.jadi berbagi tugas ajah,mas taufik dan mas imron dibantu dengan anak2.aku dan kirey bertugas menyiangi ikan dan mpo ulil membersihkan ikan.
 
eksiz dulu di Dermaga Lori
   aje gile,nih ikan terbanyak yg pernah ku siangi!4 kiloan lebih terdiri dari ikan biji nangka dan ikan kembung.alhasil,kami berdua bau amis ikan.pasrah aja deh lagian belom mandi juga.udah selesai ngebersihin ikan,kami serahkan ikannya kepada teman dan anak2 lain untuk membakarnya.
     kami berdua mau nyebur ke laut dulu ngilangin bau amis ikan.asik banget ternyata,berendam di air laut yg hangat sambil menatap bulan yg bergantung dilangit bertabur ribuan bintang adalah pengalaman yg tak pernah terlupakan.aku mengajari kirey mengambang dipermukaan laut,setelah 30 menit mencoba akhirnya kirey bisa!asyik banget mengambang dibuai oleh gelombang laut sambil menatap langit yg dihiasi bulan sabit dan bintang,pokoke nikmat Tuhan mana yg kau dustakan kalau masih ga bersyukur udah diberi kesempatan oleh sang pncipta untuk menikmati keindahan langit malam yg tidak bisa kau lihat diperkotaan.Subhanallah walhamdulillah.
on white sandbank
     rupanya mas imron dan mas taufik ga mau ketinggalan juga.mereka ikutan berendam dilaut.mereka ta ajarin mengambang dipermukaan laut tapi ga sukses,cape deh!berendam sambil menatap langit berbintang emang menimbulkan suasana romantis banget,tapi disini suasana romantisnya salah kaprah,karena dialami oleh orang2 yg gokil kayak mas taufik dan mas imron yg mulai membahas tentang kesakinahan hubungan mereka hingga mereka sambil pasang gaya ala coverboy padahal ga da yg moto'in.
     berhubung disini situasi semakin panas membara dengan pose mas taufik dan mas imron yg ngalah2in model majalah,akhirnya kami putuskan mengakhiri sesi berendam dilaut untuk naik ke daratan terus mandi air tawar terus siap menyantap ikan bakar yg siap dimakan,hoho.enak banget ye?!yaeyalah.udah selesai mandi di sumur warga,udah ganti pakaian bersih,ikan bakar sudah siap saji disepanjang daun pisang yg tadi ku bawa.kami rame2 duduk beralaskan spanduk menghadapi sajian ikan bakar hasil panggangan anak-anak. 
dalam taksi Colt menuju desa Lori
     mas taufik,aan,abang,ulil,dan adi.bapak2 dan ibu2 warga pulau ikut bergabung dan mencicipi ikan bakar yg disediakan.daripada ikan bakar,aku lebih mengincar telor ceplok pak ferry yg sungguh menggugah selera hohoho. Makan malam kolosal dimulai dengan ikan bakar 4,5 kilo disajikan diatas sehelai daun pisang.rame ye,indahnya kebersamaan!tapi...ikan bakar sebenarnya ga seleraku sih,jadi aku cuma icip-icip dikit,disini pada makan sepiring berdua semua,maklum sih piringnya ga cukup.
     setelah ikan bakar ludes,ngobrol-ngobrol dengan warga sebentar.akhirnya acara makan besar berakhir setelah warga pulau pulang ke rumah masing-masing.hedegh,bener-bener hari yg melelahkan,pemirsa!tapi juga hari yg mengharukan,karena besok siang udah mau pulang ke grogot.jadi,tema malam ini adalah...malam ini malam terakhir bagi kita...untuk meluapkan rasa rindu di dada,esok kita akan berpisaaaaaah...ahhheyyyy #dangdut koplo huhuuuyyy :D 

Silahkan hubungi BIOTO (081347689518 only Phone&Whatsapp) add Pin BBM 7F9A6B75 untuk booking seat. trims


our camping site on Coconut garden of saboyang island


ate lunch on Samataha Bridge

on saboyang elementary school, with the only one teacher and the students


beautifull gradation of white sandbank

popongan island, best beach on Balabalagan islands

Beautifull Popongan, Undone harbour

milky way above saboyang island

beautifull beach ever!only on popongan island

hard coral reef, so colourfull, only in Balabalagan!

ini Tugu Selamat Datang Pulau Salissingan

Here We Are, under Wellcome Gate of Popongan Island
snorkeling ga harus yg dalam banget lokasinya

Komentar

  1. indah sekali....tapi koq photonya sedikit ^_^

    BalasHapus
  2. jengjenggggggg....new apdet banggggggg..... ^_^

    BalasHapus
  3. wkwkwk tenggelam nya ga pernah lupa yee

    BalasHapus
  4. best moment itu dah po...hahahaha

    BalasHapus
  5. ohhh GOD! inilah salah satu tempat sekitar kaltim yg wajib disaksikan dengan mata kepala sndiri sebelum kita mati.. wkkwk.. nice posting :)

    BalasHapus
  6. oh iya, btw budget total perorang berapa ya?

    BalasHapus
  7. April 2013,saya bersama 9org teman saya share cost taksi call ke lori sama kapalx 450rb/org+sokongan konsumsi 50rb/orang slma 3 hari disana.trgantung kamu dpt harga carterx brp,nti bagi rata ke kpasitas penumpangx!klo makan dsna warung,makanx cuma yg instan kya mie/telor gitu

    BalasHapus
  8. Untuk kapal dari Lori ke pulau2 itu ada setiap hari ato kita hrs sewa trlbh dahulu??

    BalasHapus
  9. Bulan oktober nti ada rombongan mau ke balabalagan,ikutin rute yg saya lewatin.tapi ada jg orang yg dah survei ke desa lori,katax ada kapal penumpang yg mengantar k pulau di Balabalagan,chargex 50rb/org,cuma oneway,ga da transport dr 1 pulau ke pulau lainx.makax saya dan teman2 pake opsi carter kapal biar enak diantar kemana aja

    BalasHapus
  10. Terima kasih atas kunjungannya... K kepulauan kami semoga berkesan dan berkenan untuk berkunjung lagi....
    (Anak pulau Salissingan)

    BalasHapus
    Balasan
    1. chaliq,nanti tgl 29-31 maret saya bersama teman teman samarinda backpackers mau ke Balabalagan lagi,tapi kami ga singgah ke pulau salissingan.nginapnya di pulau saboyang lagi :)

      Hapus
  11. coba backpaker samarinda ini ,bukan hanya jalan2,tp ikut memelihara ikan pesut yg suda mau ilang :( pasti nice banget nooh.... salam damai..yomand..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaa...mas bogrek,salam kenal...di FB ada Grup "Save pesut mahakam"
      disitu lebih intensif komunitasx utk mnyelamatkan pesut mahakam.stiap
      ada penampakan pesut disungai hulu mahakam slalu dishare
      digrupx.saya+sbagian anak2 Smd backpacker jg ikut member.bahkan
      minimal sbulan skali,grup save pesut mahakam bikin field tripx.ayo mas
      ikutan!

      Hapus
    2. Seru banget! Boleh dong di share contact kapal untuk hoping island disana

      Hapus
    3. Itu taksi nyang bener COLT buka CALL

      Hapus
    4. mba nurhayati,berhubung saya kena musibah yaitu hape hilang gara-gara ditaruh di motor,jadi catatan nomor hape penting disitu semua.tapi mba bisa hubungi nomor yang saya sebutkan di bagian atas catper ke Balabalagan yg saya tulis. trims.
      mas bedull terima kasih atas kritiknya.

      Hapus
  12. Mbak Yunita, kami dari Balikpapan ada rencana ke balabalagan. bisa dibantu kami informasi yang lebih tepat seperti apa dan bagaimana mekanismenya. Mohon dari Mbak Yunita dan Friends bisa memberikan nomor telpon yang bisa dihubungi. Nomor Mbak Yunita atau teman2. mohon sms ke 082130298830 (tifani) atau 081347083331 (alvian). Terima kasih sebelumnya atas respon dan bantuannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mas dodik, kira2 kapan mau ke pulau balabalangan? Boleh gabung mas, saya dari balikpapan juga.

      Hapus
    2. ini kami karena kekurangan orang jadi dibatalkan dulu, rencana kemarin besok kamis tapi di undur mungkin mei. sebab banyak teman2 yang dari jawa pada pulkam dulu. contact aja mas sama nomor telpon di atas, mas nya ajak temennya yg banyak. kapal muat 25 org, jadi klo banyak biaya transport lebih hemat.

      Hapus
    3. mudah2an kita bisa ketemu di Balabalagan ya Mei nanti :)

      Hapus
  13. kira2 ada nda rombongan yg jalannya bulan agustus atau september, soalya kami masih kuliah ni,, agustus, september kn libur tu,, mohon infonya ya mba2, mas2 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo mau, kumpulkan 10-11 teman, biar pasti berangkat rame2 kesana :) atau cari teman trip,umumin aja di grup Samarinda Backpackers (FB)

      Hapus
  14. wahhh makasih banyak ini, saya tinggal di paser baru tau juga..

    BalasHapus
  15. yup, namanya juga hidden paradise, jadi masih tersembunyi dan belum banyak diketahui orang :)

    BalasHapus
  16. Wah... pengen ksana nih ane domidili bpn.. misalkan ad yg mau ksana bln agustus ataU sept boleh dong ikutan,, biar bsa atur cuti dlu hehe cuma2709@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas gabung aja nanti ma mas hendri purwadi :)

      Hapus
    2. Domisili Long Ikis bisa ikut

      Hapus
    3. bisa ^_^ hubungi saja contact personnya

      Hapus
  17. Ada rombongan yang berencana berangkat pertengahan juni/akhir juni ngak ya? Kl ada tolong diberitahu dong: likke.likke@gmx.de. Kita cuma berdua sih dan tanggal 29 Mei mempet banget, ngak bisa cuti.

    BalasHapus
  18. tanggal 27-29 september akan diadakan tourtrip Balabalagan, yok buruan booking seat :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rute menuju Kepulauan Balabalagan

Trip SATEBO (Samarinda-Tenggarong-Bontang)