30 Jam bertualang di Banjar Baru


Sabtu,tanggal lupa,Februari 2013. 

Wellcome to Pinus Island 2
     Sesuai janji,aku bakal gantian mau nyambangin(kek penjara ajeh ye hohoho)anak-anak rempong.setelah sebelumnya,zacki dah bertamu duluan ke kota Samarinda selama 3hari.yah...dimulailah petualanganku ke banjar,dengan tujuan trip lepas kangen ma pasukan rempong dgn destinasi wisata yg ga biasa.jadi,aku berangkat ke terminal bus banjar dengan tiket bus Pulau Indah full Ac ditangan. aku dah pesan tiketnya 2 hari sebelum kberangkatan dengan harga Rp.155.000,- berangkat jam 5 sore.jam 3 berangkat dari rumah dengan diantar adik,biasalah...setelan AngGun lagi...Anak Gunung maksudnya hohoho.bawa carrier+sleeping bag+tranggia udah jadi barang wajib dibawa setiap ngetrip.lagian kali ini agendanya ngeCamp di pulau Pinus 2 Waduk Riam Kanan. jam 5 tenggg...penumpang dipersilahkan menunggu didalam Bus.aku duduk dijejeran kursi depan bersama seorang Ibu yg ramah dan baik hati.untungnya sebelum naik bus tadi,aku sempat makan bakso yg biasa mangkal di termila.apesnya,harga pembunuhan!1 mangkok baksonya harga Rp.10.000,- dengan citarasa yg sangat biasa dan belum termasuk minum,hedegh.

air terjun Mandiangin, Mantaaabbb
     jam 5.30 sore bus mulai beranjak meninggalkan terminal.antara samarinda-balikpapan,aku masih sempat sms-an ma firman,berharap dia bisa ikut trip kali ini,tapi dia bener-bener ga bisa ikut karena lagi sakit.hadooohhh...bener-bener solo adventure ini.untungnya ada temen perjalanan sebaik ibu yg duduk disampingku.jam 8.30 bus kami sampai di pelabuhan Ferry penajam untuk menunggu antrian ferry.sepanjang perjalanan,cuaca mendung dan hujan selalu mengiringi perjalanan bus dari samarinda-balikpapan bahkan di Penajam saat kami berhenti untuk makan,hujan turun deras sekali.untungnya jatah makan nasi Sop panas telah disediakan warung makan langganan Bus. Jam 12 tengah malam bus mulai melanjutkan perjalanan menuju banjar.udah jadi kebiasaan,dalam perjalanan selalu ga bisa tidur tenang.berhubung jalannya malam,ga ada lampu jalanan dan rumah penduduk sedikit jadi males untuk mencari tahu daerah apa yg sudah dilewati.\



Duet Red Devils wwkkk...
    pagi pun datang,perjalanan mulai lebih menyenangkan karena pemandangan sawah membentang sepanjang jalan.nuansa pedesaan terasa kental.banyak anak-anak berangkat ke sekolah dengan bersepeda bahkan ada yang diantar dengan dibonceng orang tuanya,ihhh...so sweet memory.aku juga ga merasa kesepian,karena sepanjang perjalanan,tulus dan Yudi selalu menemani by phone,firman yang sms-nya tanpa putus ngajakin ceritaan,zacki,rima,omded dan po athie selalu meng-update posisiku,ohhh Indahnya Persahabatan,saling memperhatikan dan menjaga satu sama lain(Lebay Mode ON).okeh jam 9 bus mulai memasuki kawasan Martapura yang tanpa macet sedikitpun,hedeghhh bertentangan ma Samarinda.rupanya Ibu teman seperjalananku sama-sama berhenti di Bundaran Banjar baru.

     jam 10 siang jengjeeenggg...akhirnya aku sampai di Kota Banjar baru hohoho.first step alone at other town!this is adventure!walau nyesek tanpa temen duet bareng,Firman!!!*kan rempong serasa kurang klop,tapi tak apalah,temu kangen ma teman-teman diBanjar,bahkan yang dari banjarmasin bela2in berkendara 1jam ke Banjar baru demi...menyambut the sweetest girl from Samarinda ohohohoho (dilarang protes).jam 10 po Athie datang menjemputku di bundaran banjar baru,ternyata rumahnya deket aja dari situ,kisaran kurang dari 10 menit.sampai di rumah po Athie,daku langsung mandi,seger bwooo setelah 16 jam perjalanan Bus banjar dari jam 6 sore sampe jam 10 pagi.selesai mandi,omded ma bang ferdy dateng,menyusul zacki.Rima masih nungguin Yudhi yg galau,beliau-nya tertahan di Banjarmasin.Akbar juga masih nungguin Yudi ma Rima.



sweet and sweat memory
    akhirnya,aku,po Athie,Zacki,bang Ferdy&Omded ber-Fast Five (ciyekhh keren banget ye) naik mobil Zackie ke Museum Banjar baru. Museumnya keren cyinthh gaya Minimalis!gini2 gue doyan belajar sejarah.untung disini ada kurator museumnya yg ramah dan cepet tanggap. Ga kayak Museum Mulawarman yg kental dengan suasana syeram dan horror karena bulu kuduk yg suka tiba-tiba merinding disko.barang-barang bersejarah disini tidak sebanyak koleksi museum Mulawarman,tapi tampilannya apik dan tertata rapi.gaya minimalis dan suhu ruangan yg adem bikin betah cyinth!!!kuratornya mau menjawab pertanyaan dari ku panjang kali lebar hahaha,wajar kan yaaa gini2 gue guru privat jadi wajib menimba ilmu tiada henti.setelah bertandang di Museum hampir 2 jam dari lantai 1 hingga lantai 2 ilmu yg didapat yaitu: 
1.kerajaan pertama di Banjar adalah kerajaan Hindu. 
2.kerajaan hindu pertama banjar memiliki kaitan erat dengan kerajaan Majapahit. 
3.legenda putri Junjung buih berasal dari kerajaan Hindu banjar. 
4.saat kerajaan Majapahit runtuh,banyak pelarian dari Majapahit mengungsi ke Banjar,diantaranya mendirikan perkampungan di daerah Kelua.kisah ini berkaitan dengan sejarah keluargaku yg memiliki benda pusaka yg dikisahkan secara turun menurun dipercaya sebagai keris peninggalan kerajaan Majapahit yg diselamatkan oleh para pengawalnya ke Banjar.Keris itu sekarang ada disimpan oleh Abahku.bangga juga hohoho.


5.Islam masuk ke daerah Banjar di syiarkan oleh para Muballigh dari Minangkabau. 

6.Syekh Muhammad arsyad al banjari atau dikenal sebagai Datu Pelampaian adalah anak angkat dari Raja Kesultanan Banjar.Beliau dididik dari kecil hingga kemudian dinikahkan sebelum berangkat ke Mekkah untuk menuntut ilmu agama Islam.sepulang dari Mekkah,beliau mulai menyebarluaskan dan mengajarkan agama islam diseluruh wilayah Banjar.suatu saat beliau meminta sebuah wilayah yang dikenal kemudian hari sebagai Pelampaian-Martapura untuk dijadikan pusat pengajaran Islam.beliau juga menulis beberapa kitab yg berkaitan dengan dakwah Islam. 

7.perang Banjar terjadi karena campur tangan Belanda.seharusnya Takhta kerajaan diwariskan kepada pangeran Tamjidillah namun belanda menolak hingga akhirnya pangeran Tamjidillah terusir dari kesultanan dan memimpin pemberontakan.akhirnya pangeran Tamjidillah meninggal karena sakit selama di persembunyian.Pangeran Antasari pun melanjutkan perjuangannya dibantu dengan rakyat banjar melawan penjajah belanda.mereka memperebutkan tambang batubara,Intan dan Minyak bumi yang waktu itu sangat diperlukan belanda untuk membiayai perang.akhir perjuangannya gue masih bingung sapa yg menang hohoho,tapi banyak peninggalan sejarah peperangan banjar dapat ditemukan didaerah tertentu walau hanya puing-puingnya saja.bahkan kata kuratornya masih banyak gua-gua tambang batu bara zaman belanda yg belum ditemukan karena tertimbun reruntuhan.katanya lagi lhooo,kalsel ini cadangan batubara-nya gile baday banyaknya cyinthhh.uwewww,pantesan Aman Jagau banyak bininya en bisa memperistri artis uhuhuhuhuhu.buat Omded,Firman,Tulus,bang ferdy,Akbar ma Zackie,Semoga kalo jadi orang kaya raya nanti(Amiiin) jangan ngikutin jejak beliau ye... :D 

8.Pangeran antasari berperawakan kecil dilihat dari baju peninggalannya.bajunya didesain khusus dengan les emas dipinggirannya dan anti senjata tajam cyinthh!!!mantebbb. 

9.bagi yang pengin bernostalgia atau melihat petunjuk lokasi bangunan bersejarah Banjar,sebaiknya jalan-jalan ke Museum Banjar Baru. 

10.sekian cyinthhh kada ingat lagi kesahnya hahahaha.sekilat inpoh!mas kurator yg ganteng itu ternyata teman SMP-nya po Athie,uhuhuhu. 
terpekur menatap keindahan
waduk Riam kanan
     Mission dilanjutkan dari Museum ke warung 41 yang highly recomended by Omded.lokasinya searah ma rumahnya Po Athie sekitar 10 menitan.sampai di warung 41,wuiiiiiihhhhh syurga makanan cuiiiiyyyyyy...kami duduk dibangku panjang mengitari meja yang dipenuhi kue-kue tradisional banjar.wadai Pare yg meruntuhkan iman,bener2 kue terfavorite dehhh,beda rasanya ma yg sering dijual di samarinda.wadai bingka yang menggugah selera.berhubung lapar berat pake banget,kami semua memesan makanan berat berupa besi dan baja,wooopsssalah,maksutnya ada yg pesan sate atau soto banjar.
     minum es teh,makan sate dan wadai pare bener-bener deh kuliner terenak dan ngena dihati palagi endingnya semua ditraktir ma Omded,hasiiiikkk.lupa ngucapin terima kasih ma Omded waktu itu,jadi lewat tulisan ini,aku ucapin Makasih banyak Omded,ta doakan dapat Bini Bungas AMIN wwkkkk. Nyaman lo dah 2x ku doakan yg baik-baik,jadi sering-sering aja traktiranx Omded.hahaha firman jangan mufeng ye,sapa suruh batal ikut ke banjar,jadi silahkan nangis2 bombay wwkkk.udah kenyang,kami balik ke rumah Po athie,mempersiapkan barang2 untuk kemping di Pulau Pinus 2 yang lokasinya ditengah-tengah Waduk Riam Kanan.berhubung Rima,Yudi dan Akbar masih belum datang.Tulus dan adhiet juga lagi di Laut Lepas antara pulau jawa dan Kalimantan yg rencanax kalo sempat akan menyusul kami ke Pulau Pinus 2.po athie menunggu di trio RAY(rima,akbar,yudi)di rumahnya.
always narsiz everywhere
     aku dan zackie naik mobil sedangkan Omded dan bang Ferdy naik Motor ke Tahura Sultan Adam.rencananya aku diajak ke air terjun Mandiangin yg ada di Tahura Sultan Adam.cuaca gerimis dan berawan mendung mengiringi perjalanan kami.bener-bener deh,diajak drifting ma Zackie.kubangan air yg menganak sungai dihajar blehhh,licak gin disikat wan zackie,hahahaha.mobilnya bener2 celemotan.kami sempat kehilangan jejak Omded ma bang Ferdy,untungnya zackie lupa-lupa ingat jalanan ke Tahura Sultan Adam-nya.memasuki kanopi hutan lebat,serasa memasuki the Lost World ala film Jurrasic Park.kami sempat membayangkan,gimana kalo tiba-tiba ada Anaconda raksasa jatuh dari kanopi hutan ke atas mobil,dijamin!ngebayanginnya aja ngeri apalagi kalo sampai kejadian.okeh sekian ngayal bareng ma Zackie,kami kembali ke dunia nyata dimana jalan masuk ke Tahura Sultan Adam gelap dan sunyi.krikkk.untung nyampe!di pos jaga kami membayar tiket masuk mobil dan pengunjung.setelah berbelok ke kiri dari pos jaga,akhirnya kami parkir mobil didepan warung-warung kecil.

baca buku Raja Ampat
    ternyata Omded ma Bang ferdy dan nangkring disitu nge-Teh sambil makan Jagung Rebus,aku dan Zackie ikut bergabung,hoho.setelah perut terasa hangat oleh Teh dan Jagung rebus-nya kami mulai mendaki anak tangga ke puncak bukit.rangkaian perbukitan yang dihiasi awan dan selimut kabut benar-benar indah cuiyy!wajib ke sini deh bagi pecinta gunung.Anak tangga yang dinaiki bener2 ratusaaan.tapi tetep ngeksis meski cuaca ujan.bukitnya keren cuiiiyyy tertutup rumput nan hijau dan peopohonan yang jarang.15menitan menaiki anak tangga sampailah kami berempat di air terjun mandiangin.air terjunx berbatu dan hampir vertikal.gara2 hujan,semuanya terasa licin,kecuali zackie yg tetep nekat main basah2an sambil berfoto ria.kebetulan lagi ga mood difoto,jadi minatku satu2nya menatap kabut yang datang silih berganti menutup perbukitan,aseli indah cuy.kami disini cuma 15 menitan doang,kemudian turun lagi kebawah.kalo ga salah info diatas air terjun mandiangin ada air terjun sungai kelambu dan kolam pemandian peninggalan belanda.
makan-makan......
      coba ga mikirin ngejar waktu biar ga kesorean ke waduk riam kanan,udah deh daki ke 2 tempat tersebut.jadi setelah turun ke bawah,aku dan zackie kembali mengendarai mobil,diperjalanan keluar dari pos penjaga,kami menemukan 2 orang pejalan kaki yg kami kira omded dan bang ferdy,kami sempat mengira motor mereka macet hingga harus jalan kaki,tapi anehnya sejak kapan mereka ganti pake sepatu bot,sarung dan jas hujan,hohoho,gini nih kalo dah ngayal bebas,ternyata bukan omded ma bang ferdy tapi bapak2 yang pulang dari kebun,hedehhh lanjut aja deh perjalananx sampe keluar simpangan.
     rencanax kami akan berkumpul disimpangan masuk Tahura Sultan Adam dengan omded,Bang ferdy,Yudi,po rima,po athie dan akbar untuk barengan ke waduk riam kanan.ternyata misscomunication bwooo!lama menunggu di warung ternyata 4 orang itu nunggunya di Pos Sungai kambang,sananya dikit dari Tahura Sultan adam.akhirnyeee,Zackie yg tampan dan baik hati mengantar aku dan bang ferdy ke tempat anak2 lain menunggu,sedangkan omded naik motor untuk memimpin jalan.sampai juga akhirnya di pos sungai kambang.po athie bawa motor.po rima dibonceng yudhi dan akbar bawa motor sendiri.oke sippp,setelah pamitan ma zackie yang seharian ini mengantar kami bertualang dan walau sedih karena beliau-nya ga bisa ikut ngemping karena besok imlek-an.po athie bawa motornya sorang,omded boncengan ma bang ferdy,yudi boncengan ma akbar,aku membajak motor yudhi untuk ngebonceng po rima.sip sudah formasi rempong siap melaju ke waduk riam kanan.
Rima,Lukman,Ferdy,Omded&Yudi
     jam setengah enam sore,kami sampai di dermaga kapal waduk riam kanan.sambil menunggu kapal jemputan,kami makan rame2 diwarung setempat.pemandangan desa tepi waduk riam kanan yg hijau dan sederhana.2 pelangi menghiasi langit senja di waduk riam kanan.jam 6 sore kami naik kapal kecil untuk menyeberang ke pulau pinus 2.perjalanan yg memakan waktu 1 jam lebih mengarungi waduk riam kanan.di kanan kiri terhampar hutan yang diselingi padang rumput teletubbies.suasana sunyi hanya ada rumah terapung tempat warga pemilik keramba.sampai di pulau pinus 2,kami benar2 kemalaman.bingung mencari lokasi mendirikan tenda karena semua tanah pasti basah terkena hujan apalagi mau mengumpulkan ranting pohon utk api unggun.galau bwo,akhirnya dipilihlah lokasi tenda di tengah2 pulau yg agak tinggi dan dekat dengan gazebo sederhana.malam yg gelap hanya diterangi cahaya samar lampu dari rumah penduduk dari kejauhan,untung aq bawa lampu emergency jadi aman terkendali.
Angels on Pinus Island
     omded dan bang ferdy pergi ke rumah penduduk untuk meminjam terpal dan membeli minyak tanah untuk membuat api unggun sekaligus minta izin untuk kemping dipulau sementara kami ber5 menunggu.setelah mendapatkan 2 tikar dan sebungkus minyak tanah,kami mendirikan 2 tenda,1 tenda besar yang baru akan kami resmikan dan 1 tenda kecil yg rencanax akan dipake untuk menyimpan tas dan peralatan lain.setelah tenda berdiri,kami mulai mengumpulkan kayu untuk api unggun dan menyalakan tranggia untuk memanaskan air.hedeghhh ampe frustasi menumpah minyak tanah ke kayu yg basah biar terbakar,bang ferdy aja sampe ngabisin 1 plastik es minyak tanah dan hampir satu jam baru api unggunnya berhasil nyala,horeee berhasil berhasil berhasil (bersorak ala Dora).tranggia ku yg biasanya berbahan bakar spiritus diimprovisasi dengan diganti garam yg bisa dibakar yg dibawa rima meski hasilnya nestingku gosong dan asap pembakaranx bikin nyesek,whatever lah yg penting bisa ngopi ma nyirem mie cup hohoho.
Me and Rima
     rupanya malam itu ada menu spesial yg dibawa po athie dan yudhi yaitu kepiting asam manis ye?!langsung deh semua nyerbu masakan yg ga lazim untuk acara perkemahan hahaha.selalu dan selalu,kalo dah makan kepiting semua lupa ma temen sendiri,aku ga ngerti cara buka cangkang kepitingnya jadi cuma bisa menatap sedih daging kepiting yg dimakan anak rempong lainnya.kebiasaan jelek sih,kalo makan kepiting biasanya terima rebes dari emak and babe ku uhuhuhu.yang lainnya sih pada nawarin,cangkangnya tapi!trus cangkangnya itu diapain?di getok magic gitu ye biar dagingnya keluar?atau dihisap kek ngemut coklat?yayaya...yeyeye...begitulah,bukan kali ini aja aku cuma memandang hampa masakan kepiting,salah sendiri ga mau belajar makan kepiting hohoho (jangan ditiru sodara2).aku jadinya makan mie cup dan bikin good day vanilla latte haseekkk.cuaca dingin mulai terasa.
waiting sunrise
     Saatnya masuk tenda!tendanya Omded keren cuiyyy,bisa disesakin 7 orang buat main UNO hohoho.emang kurang klop kalo ngetrip ga menyebarkan virus UNO hohoho.mainan wajib tuh dari derawan hingga banjar.yang di Derawan lebih gila lagi mainnya,dari jam 11 malem sampe jam 4 subuh di cottage lestari,wwkkk alhamdulillah diizinin main ma pak penjaga cottage yg baik hati.tapi di pulau pinus,didalam tenda yang disesakin 7 orang pemain UNO,cuaca berubah dari dingin jadi pengap wwkkk.Cover anti air tenda dibuka biar ada sirkulasi udara,udara pun kembali sejuk.
     Game UNO dilanjutkan dengan hukuman bagi yang kalah akan tidur diluar tenda dan dikasi sleeping bag doang hohoho (kata afghan nih "sadis").main UNO sambil makan cemilan sambil becanda,ketawa-ketiwi bener-bener quality time ma teman-teman yg terpisah jarak dan waktu sejak pertemuan di Derawan.1 jam kemudian kelelahan mulai menyerang,sungguh tepar bwo perjalanan nonstop 16jam dari samarinda-banjarbaru disambung petualangan mengitari banjarbaru hingga waduk riam kanan. Aku putuskan waktunya bobo cantik teman-teman hohoho.teman-teman melanjutkan maen UNO sedangkan aku bergelung dalam sleeping bag dipojokan tenda.
Geye dulu kan yaaa
     tiba-tiba aja terbangun dari tidur saat merasa dijadikan guling ma po rima hahaha,beneran,itu tangan ma kaki udah melintang aja di atas badanku yg terselubung sleeping bag.rupanya Omded ma Bang Ferdy bobo di tenda kecil.lanjut tidur akh,walau dengan posisi miring gara2 tanah yang landai.mohon maaf ma po rima,po athie,yudi ma Akbar kalo gue ga sengaja ngelindes kalian hihihi,salahkan lokasi tendanya yg miring.
     pagi yang indah,diiringi kicauan burung dan suara ayam jantan.begitu terbangun dan keluar tenda,udara dingin menerpa hingga menyentuh kalbu,eciyeee seger bangettt.kabut masih menyelimuti pulau,waduk dan pegunungan.rupanya ada yang duluan nangkring di bangku panjang ditepian waduk.omded ma bang ferdy lagi bersiap menyongsong sunrise.mpo athie dah menghilang entah kemana bersama kameranya.jadilah aku,rima,yudi dan akbar mengganggu suasana syahdu antara omded dan bang fery yg lagi duduk berdua hahaha.its time to narsize...mumpung mataharinya belom muncul dari puncak gunung.foto sana foto sini,gaya centil hingga gaya ga sadar kamera dah dilakoni.
Akbar,Yudhi,Omded dan bang Ferdy
     matahari pun mulai terlihat diantara puncak pegunungan.kami ber6 pun duduk dibangku menatap sunrise bersama-sama.walau kurang spektakuler seperti sunrise di Derawan namun bahagianya bisa menyaksikannya bersama teman-teman terkasih.sunrisenya udah selesai,kami menuju jembatan kayu yang menjadi ikon-nya pulau pinus 2.jembatan kayu ini menghubungkan pulau dengan kawasan rumah penduduk yang banyak ditepian seberang.di pulau pinus sendiri hanya terdiri 1-2 rumah dan 1 TK dan 3 kamar mandi umum yang airnya melimpah.disini juga banyak warung yang menjual makanan dan minuman kepada pengunjung pulau yang buka dari pagi hingga sore hari.
     rupanya pulau ini merupakan tempat kegiatan kemping,memancing dan fotography juga.klop deh!recomended for traveller.di jembatan kayu,kami berpapasan 2 pemancing yang sedang mencari spot memancing yg oke.nelayan setempat juga menaiki jukung kecilnya untuk menebar jala.dipesisir pulau yang ditumbuhi rumput air dan sangat jernih banyak terlihat ikan yang ga malu-malu menampakkan diri.nangkring dijembatan seru sambil foto-foto,sayang anak-anak pulau sangat pemalu untuk diajak foto bareng.usut punya usut,mpo athie rupanya lagi hunting foto sunrise di tepian seberang dengan memakai tripod.
Berenang riaaaaaaaaa
     wokelah...waktu foto2 dah habis,kami rame2 balik ke tenda sekalian cari sarapan.untunglah warung penduduk dah buka.kami membeli teh hangat dan sanggar panas,wess mantebb!setelah perut kenyang,kami ngintilin Akbar yg lagi mancing di rakit dermaga pulau pinus.hedehhh mancingnya pake lama en hasilnya Nihil pula.judulnya sabar menanti hingga frustasi akhirnya acara dilanjutkan berenang ceria didermaga.haseekkk,berenang sambil bercanda ria dan disuguhi pemandangan Indah Waduk Riam Kanan emang tiada dua asiknye.sibuk kecipak-kecipuk di sekitar dermaga hingga beberapa pemancing yg sebelumnya memancing disekitar dermaga berpindah tempat hohoho.gegara kita berenangnya berisik,ikan-ikan pada menjauh.enggak juga sih,buktinya banyak ikan2 kecil transparan yg ga segan2 berenang dan menggigiti kaki kami,geli-geli gimana gitu rasanya.
     badai narsiz pun mulai menerpa,dengan kamera underwater omded,kami mulai berfoto ria.setelah puas berenang,kami berbilas di kamar mandi umum.selesai mandi dan berganti pakaian,waktunya beres-beres tenda karena kami dah janjian minta dijemput ma supir kapal jam setengah 12 siang.tenggg...kapal datang tepat waktu menjemput kami.sayonaara Pulau Pinus 2 yg Indah.semoga dikemudian hari aku diberi kesempatan untuk kemping disana lagi amiiin.sampai di dermaga waduk riam kanan,kami mulai memindahkan barang ke motor yg kami parkir dekat rumah penduduk.
Kemping Seru
     waktunya pulang menuju rumah Po Athie.cuaca panas mengiringi perjalanan kami.sungguh panasnya banjar baru ga bisa dibandingin dengan samarinda.disini panas membara!pas banget dah judulnya...Jalan Makin Membara by Norma Yusuf... lohhhh...mekso banget judul filmnya ye pemirsa.pokoke panas minta ampun sampe aku dan rima memborong es campur dan gorengan buat teman-teman.sesampainya dirumah Po Athie,langsung deh tepar, ada yang ngadem di teras sementara aku,rima dan Yudi mengcopy data foto trip dari semua kamera.jam 2 siang tenggg aku diingatkan teman-teman untuk segera membeli tiket bis.biasanya bis rute banjar-samarinda berangkat jam 4 sore melewati banjar baru.jadilah waktunya untuk berpisah.setelah pamit dengan po Athie,tulus,dan adiet,aku diantar oleh po rima,omded,bang ferdy,yudi dan akbar menuju Martapura.aku diantar ke pool bus Pulau Indah untuk membeli tiket bus AC rute banjar-samarinda seharga Rp.150.000,- lebih murah Rp.5.000,- dari tiket rute sebaliknya.yup tiket udah ditangan,jam 5 bus akan berangkat,jadi aku disuruh jam 4 dah stand by di pool bus untuk menunggu jemputan bus.aje gileeee...jam setengah 3 lewat harus buru-buru ke pasar martapura untuk makan siang dan beli oleh-oleh buat orang rumah.perut dah demo minta diisi makan siang,langsung deh menuju warung makan.makan dalam tempo sesingkat-singkatnya itu emang aneh rasanya,hahaha jangan ditiru!
     abis makan siang langsung deh hunting oleh-oleh yang beraneka ragam.berbagai macam batu pertama,aksesori wanita,tas,baju dan kain sasirangan.setelah mengitari 2 blok ruko pasar martapura,pilihan oleh-oleh yang akan kubawa pulang adalah kain sasirangan.berhubung bentar lagi ada kakak sepupu mau nikahan,jadi beli kain sasirangan sepasang buat emak dan abahku.setelah tawar menawar harga yg alot,sampe saya bingung itu pasar atau mall ye kok ga mau diturunin harganya walaupun dikiiitt aja,mengingat dikejar waktu harus ke pool bus,ya sutralah,bungkuuuusss!dah kenyang dah berbelanja oleh-oleh di pasar martapura,jadilah omded dan bang ferdy pamit untuk pulang duluan ke banjarmasin.untungnya ada Yudi yang Ganteng,mpo Rima yang Cantik dan Akbar yang tampan masih mau menemani aku menunggu di Pool Bus.jadilah kami ber4 duduk manis menanti kedatangan bus yang ternyata jam karet juga hedegh...katanya berangkat jam 5 ekh nongolnya hampir jam 6 sore.jengjenggg...waktu yg mengharukan adalah waktunya untuk berpisah dengan kawan-kawan. hikzzz...sayonaara... kasih pelukan perpisahan buat po Rima dan jabat tangan pada yudhi dan akbar yg juga ngarep pelukan perpisahan hahahahaha lebay jua aku nih. waktunya naik bus sambil dadah ala miss world kepada mpo Rima,Akbar dan Yudhi.
     hufftttt...mulai lagi dah perjalanan pulang sendirian...kembali seperti awal.yahhh...berhubung ga da yang istimewa selama perjalanan pulang menuju samarinda,sekianlah cerita petualangan saya dengan estimasi waktu perjalanan pulang pergi lebih lama daripada keberadaanku selama di kota Banjar baru hahaaha bisa dibilang elit banget yaaa...walaupun pengin juga mencoba perjalanan ke banjarmasin,sesampainya di terminalnya numpang pipis di toilet trus balik lagi ke samarinda yang mana langsung omded bepadah "gaya lu po"hahahahahahaha....END
     

Museum Banjar Baru yang highly recomended untuk dikunjungi

Warung 41, Highly Recomended bagi Pecinta  wisata Kuliner

under the Rainbow,sesaat sebelum menuju Pulau Pinus 2
Bukit Teletubbies Waduk Riam Kanan

Beautifull Twilight on Riam Kanan Dam
Peresmian Tenda Omded


Only Me...Pulau Pinus II



Morning Glory on Waduk Riam Kanan

We Are what we are... hohohoho

Kepiting asam manies

Nice Picture taken by Omded and bang Ferdy





Damn, I Love Waduk Riam Kanan

Best seven of  travellers


Komentar

  1. kangen mpo mau ngemping lg n seru-seruan bareng...ho..ho..ho...miss Rempong Adventure

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar omded yeee...september nanti ayem coming to rockin the banjarmasin are :D

      Hapus
  2. Pengalaman berkesan, cerita menarik, petualangan dengan perbanyak pertemanan. Lanjutkan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke sippp bang iman,aku recomended bang iman outdooring di Taman Hutan Raya Sultan Adam Banjar Baru.asik banget tempatnya

      Hapus

Posting Komentar

Pos populer dari blog ini

Rute menuju Kepulauan Balabalagan

Trip SATEBO (Samarinda-Tenggarong-Bontang)