Sunday, March 12, 2017

Mengenal dan Memperkenalkan Voluntourism

Apa sih Voluntourism itu?
      Voluntourism adalah gabungan dua passion paling hebat di hidup ini. Dia mengombinasikan kebutuhan untuk menjelajahi dunia dan hasrat menolong orang lain yang membutuhkan di berbagai tempat paling terlantar dan miskin di dunia.” — Thabit Alomari –
Maret 2013
      Kesempatan datang untuk mengeksplore Kepulauan Balabalakang. sebelumnya sudah diingatkan oleh travel mate-ku. perjalanan menuju Kepulauan Balabalakang itu jauh, lama dan melelahkan. teman-teman yang sudah kesana mengalami mabuk laut karena ombak. hati pun mulai diliputi kekhawatiran, bagaimana kalo dalam perjalanan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. akhirnya, tekad pun dibulatkan dan nazar diucapkan. saya akan membawa peralatan sekolah untuk dibagikan ke anak-anak pulau Balabalagan. Semoga Allah memberi saya keselamatan dan dimudahkan dalam perjalanannya. walaupun misalnya terjadi hal yang paling buruk yaitu kecelakaan di laut karena terjangan ombak, saya bisa meninggal dengan tenang karena membawa niat baik untuk berbagi buku ke balabalagan. horror kan ya...yaiyalah, namanya juga berpetualang ke tempat yang belum di jamah oleh traveller manapun. dan akhirnya, Allah mengabulkan doa saya. perjalanan dilalui dengan segala kemudahan dan keindahan yang tak mampu dilukiskan dengan kata-kata. sungguh luar biasa diberi kesempatan bisa menginjakkan kaki ke kepulauan tropis yang indah dan terisolir yang bernama Balabalagan. 
         Saat itu, saya masih belum tau apa itu istilah Voluntourism. yang saya tau kegiatan "Bagi-Bagi Buku" ke anak-anak sekolah. sejak 2013-2014-2015 saya bolak-balik membawa wisatawan ke Kepulauan Balabalakang sambil melanjutkan kebiasaan membawa dan membagikan buku bagi anak-anak sekolah pulau dengan memakai uang pribadi untuk membeli barang Voluntourism.
     Ketika 2015, Traveller kaskus mengadakan lomba menulis Blog dengan tema Voluntourism. saya pun tertarik dan mencari tau tentang konsep Voluntourism. ternyata konsepnya sangat mirip dengan kegiatan "Bagi-Bagi Buku" yang sering saya lakukan. akhirnya dengan modal travel story di blog saya yang berjudul Voluntourism is One Traveller One Book, saya pun ikut lomba, walaupun tidak menang. tapi saya cukup bangga dan senang sekali ketika 40 blogger yang mengikuti lomba tersebut dihubungi via email untuk diminta mengikuti grup whatsapp khusus Voluntourism. di grup itu akan dibagi info dan kegiatan untuk memperkenalkan Voluntourism lebih luas.
       Selanjutnya, saya mulai aktif menggunakan istilah Voluntourism dan memperkenalkannya lewat blog saya. kebetulan saya memiliki aktivitas sebagai Guide Organizer Trip Balabalagan Islands Open Trip Official, sehingga ketika Open Trip saya akan membawa barang-barang Voluntourism dan mengajak wisatawan yang saya bawa untuk melakukan Voluntourism. saya merasa senang sekali karena para wisatawan sangat antusias untuk mengikuti Voluntourism ke Sekolah Dasar di Kepulauan Balabalagan.
         Dana Voluntourism pada awalnya kebanyakan dari kocek pribadi, namun 2015 hingga sekarang, banyak teman-teman Kuliah & Travelling, keluarga hingga tetangga saya yang tahu kegiatan saya yang suka berbagi ke daerah terpencil, banyak yang ikut menyumbang. Mereka menyumbang buku, alat tulis, poster pendidikan, Iqra, Baju Seragam Sekolah, snack, baju kaos perusahaan, pakaian layak pakai. saya menghindari titipan berupa uang, karena susah sekali menjaga kepercayaan tersebut. kalau ada Barang yang ingin disumbangkan, saya dengan senang hati menjemput barang sumbangan tersebut ke rumah penyumbang.
      Voluntourism saya tidak hanya berlaku di Kepulauan Balabalakang saja. sepertinya sudah menjadi kebiasaan setiap kali travelling saya harus membawa buku untuk diberikan kepada anak-anak. Alhamdulillah Allah selalu memberikan rezeki dan kesempatan untuk bervoluntourism di Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat.
      Untuk Voluntourism di Kepulauan Balabalakang, segala macam barang sumbangan akan saya terima dengan senang hati, terutama yang bermanfaat bagi para Lansia, Ibu-Ibu, Bapak Nelayan dan anak-anak Pulau. sedangkan untuk selain Balabalakang, saya hanya akan berbagi peralatan sekolah.
      Jadi menurut saya, Voluntourism itu adalah Hal Terbaik yang bisa dilakukan oleh siapapun. tidak hanya saya, ataupun orang yang hobi travelling saja. kalian pun yang dirumah, bisa ikut menjadi dermawan untuk kegiatan Voluntourism.
apa yang bisa disumbangkan dalam Voluntourism?
Peralatan Sekolah
misal, Buku Tulis, Pensil, Polpen, Penggaris, Penghapus, Rautan, Spidol, Buku Pelajaran bekas Layak Pakai, Buku Dongeng, Iqra, Al-Quran dan Peta.
agar mudah dibawa, biasanya saya akan membuat paket peralatan tulis yang akan dibagikan ke masing-masing Murid Sekolah Dasar di Pulau. saya masukkan dalam plastik agar tidak basah dalam perjalanan di kapal dan agar anak-anak tidak berebutan dan semua mendapat bagian yang adil merata.

 Pakaian Bekas Layak Pakai.
misal , Baju Seragam Sekolah Dasar, Tas, Sarung, Pakaian Bayi, Kaos, Daster, Celana dll.
khusus untuk Pakaian Bekas Layak Pakai, saya akan membawanya ke Balabalakang karena saya mengenal sebagian penduduk yang memang tepat untuk diberikan. sebelumnya, pakaian yang diamanahkan kepada saya untuk disumbangkan, akan saya kemas dengan rapi dan diberi pewangi biar yang menerimanya senang. selanjutnya begitu sampai di Pulau, saya akan berkumpul dengan ibu-ibu pulau dan membagikannnya langsung atau menyerahkannya kepada Kepala Dusun agar memberikan kepada warganya yang benar-benar membutuhkan.

Hikmah Voluntourism
     Bagi Saya manfaat Voluntourism sangat luar biasa. saya diberi keselamatan dan kemudahan dalam perjalanan karena selalu merasa ada Allah yang menjaga. saya pun mendapat teman baru dalam perjalanan serta keluarga baru. dengan voluntourism, saya menyambung tali silaturahmi dengan penduduk lokal. saya juga bisa membantu meringankan keterbatasan peralatan sekolah bagi anak-anak Pulau. saya bisa membantu meringankan sedikit beban bagi guru-guru yang berjuang demi pendidikan anak Pulau. yang paling akhir adalah saya percaya setiap kebaikan akan dibalas pahala oleh Allah SWT.
     Dengan Voluntourism, kita bisa ikut merecycle barang. re-cycle adalah salah satu dari 3 konsep (ReUse, ReCycle, Reduce) untuk mengurangi sampah dan menyelamatkan lingkungan.  re-cycle barang maksudnya memilah barang yang sudah tidak kita gunakan tapi benda tersebut masih memiliki manfaat jika diberikan kepada orang lain. misalnya pakaian, tas atau sepatu. jadi daripada kita menyimpan "sampah" di lemari atau di gudang hingga jelek atau rusak, lebih baik barang yang tidak terpakai kita berikan kepada orang lain.
     Bagi pembaca Blog saya, yang ingin ikut melakukan Voluntourism baik secara langsung maupun tidak langsung, silahkan hubungi saya yang dengan senang hati akan menerima segala macam barang yang bermanfaat dalam voluntourism. add PIN BBM D33F4045 atau silahkan inbox akun Facebook, Instagram, Twitter, coment Box Blog saya.






 



 

No comments:

Post a Comment

Bertualang Melihat Kerbau Kalang dan Indahnya Alam Kota Baru

  September 2022, kerbau kalang amuntai Mercu suar Pulau Tanjung Kunyit Pantai Teluk Tamiang Here I comes setelah 2 tahun tidak berlibur ke ...