Friday, February 7, 2020

Calendar Of Event Kalimantan Timur 2020

Calender Event of Kaltim

Desa Budaya Lekaq Kidau Kabupaten Kutai Kertanegara
      Selamat datang di tulisan saya terbaru, khusus untuk traveller yang penasaran ada apa sih di Kaltim. wohoooo jangan salah! Kaltim gudangnya acara festival keren bahkan ada yang bertaraf internasional, sebut saja Festival ERAU, Maratua Jazz & dive Festival dan Tenggarong International Folkart Festival. selain itu ada acara ritual Hudoq Pekayang, Festival Hudoq Cross Border (2019 : Festival 1000 Hudoq diadakan di samarinda), Festival Tanjung isuy ( 2019 : Festival 1000 Ulap Doyo khas Tanjung Isuy), Festival Lom Plai, Festival Meja Panjang hingga Festival Mahakam yang keren banget karena menampilkan parade Hudoq dan Mandau. 
     Festival seni musik seperti Borneo Sape Festival jangan sampai kalian lewatkan. kalian pastinya akan terhipnotis dengan suara petikan alat musik khas Suku Dayak yaitu Sape. apalagi sape dimainkan oleh pemain Sape Terkenal yaitu Uyau Moris yang sudah sering tampil di dalam dan luar negeri. alunan musik sape sangat indah didengar baik lagu tradisional maupun lagu modern dari berbagai genre.
     Ayok datang ke Kaltim, ada 3 bandara yang akan menjadi Pintu Masuk bagi para traveller untuk menyaksikan keeksotisan adat, budaya hingga keindahan alam kalimantan Timur. Di Kota Balikpapan ada Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, di Kota Samarinda ada bandara internasional Aji Pangeran Tumenggung Pranoto dan di Tanjung redeb Kabupaten Berau yaitu Bandara Kalimarau. ada 1 Bandara Khusus bagi para wisatawan di Pulau Maratua yaitu Bandara Maratua. Nah jangan ragu! pesen tiket untuk menghadiri acara keren yang ada di calendar of event kaltim 2020. jangan takut! 2020 harga tiket pesawat beranjak turun.

Kota Samarinda

Festival Mahakam

Tanggal : 5-7 Nopember 2020
Lokasi : Tepian kota samarinda ( https://goo.gl/maps/kYekD9fMvpJDAa698 )
Merupakan event pariwisata tahunan kota samarinda yang dimulai sejak tahun 1999 bertujuan untuk menggali dan melestarikan seni budaya daerah serta meningkatkan kunjungan wisatawan.

Pekan raya samarinda

Tanggal : 3-9 Februari 2020
Lokasi : stadion segiri Kota Samarinda (https://goo.gl/maps/XQrQSXRFgSKYvGUN9 )
Lik info : samarindakota.go.id
Event kolaborasi pemerintah kota samarinda dengan event organizer dalam rangka meramaikan HUT Kota Samarinda.

Visit Kaltim Fest

Tanggal : 29 maret – 5 april 2020
Lokasi : kota samarinda
Festival yang rencananya akan mengundang para pelaku seni dari negara serumpun dan provinsi di luar Kalimantan timur. Agenda event meliputi festival tari dan musik kreasi masyarakat pesisir serta masyarakat pedalaman, Fashion show batik Kalimantan timur, festival kuliner khas Kalimantan timur, lomba olahraga khas Kalimantan timur, pameran foto seni budaya Kalimantan timur, pameran, bazaar seni, lomba seni pelajar, dialog pariwisata dan ekonomi kreatif Kalimantan timur, Kalimantan timur gowes dan panggung hiburan rakyat.

Kaltim fair

Tanggal : 9-12 april 2020
Lokasi : Stadion Madya Sempaja, Kota Samarinda (https://goo.gl/maps/si9ZA9Fs2dJ7dHDR9 )
Pameran yang menampilkan hasil-hasil pembangunan fisik dan non fisik sebagai ajang promosi dan memperkenalkan pasar atas produk perdagangan, pariwisata, kerajinan dan seni budaya Indonesia. Selain itu ada festival seni dan budaya untuk melestarikan seni budaya lokal serta ajang kompetisi Miss Kaltim Fair.

Borneo Sape Festival.

Tanggal : 13 Juni 2020
Lokasi : Citra Niaga, Kota Samarinda (https://goo.gl/maps/euwL8mmDZF6wksCg6 )
Borneo Sape Festival adalah kegiatan memperkenalkan seni musik tradisional khas Kalimantan Timur yaitu Sape.

Festival ketupat Nusantara

Tanggal : 20-21 Juni 2020
Lokasi : Kampung Ketupat, Samarinda Seberang (https://goo.gl/maps/QUFPAVovSN9XUj458 )
Info Link : dispar.samarindakota.go.id atau email disparsamarindakota@gmail.com
Festival ketupat Nusantara mengusung kegiatan pengembangan ekonomi kreatif dari sisi kuliner.

Selili Jazz Festival

Tanggal : 15-16 Agustus 2020
Lokasi : Bukit Selili, Kota Samarinda (https://goo.gl/maps/PkTuDqE4ockiRPaH6 )
Selili Jazz Festival merupakan pertunjukan musik diatas bukit selili.

Kaltim Expo

Tanggal : 26-30 Agustus 2020
Lokasi : Stadion Madya Sempaja, Kota Samarinda (https://goo.gl/maps/si9ZA9Fs2dJ7dHDR9 )
Kaltim Expo adalah even tahunan yang diadakan untuk memamerkan hasil capaian pembangunan pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten / Kota dalam rangkaian peringatan HUT kemerdekaan RI.

Samarinda Batik Festival

Tanggal : 3 Oktober 2020
Lokasi : Kota Samarinda
Samarinda batik festival adalah acara untuk memperkanlkan batik khas kota Samarinda dan Kalimantan Timur.

Kabupaten Kutai Kertanegara

Tenggarong 8th international folkarts festival ( TIFF )

Tanggal : 27 juni – 5 juli 2020
Lokasi : tenggarong, kutai kertanegara.
TIFF merupakan festival kesenian rakyat mancanegara yang menghadirkan delegasi kesenian rakyat mancanegara yang akan tampil bersama dengan kelompok kesenian daerah kutai kertanegara dan daerah lainnya di Tanah air. Sejak tahun 2019, TIFF dipisah penyelengaaraannya dengan festival ERAU.

Festival pesta Panen Padi dan Nutuq Baham

Tanggal : 21-22 maret 2020
Lokasi : Dusun Putak, desa Loa Duri Ilir, kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kertanegara.
Pesta panen padi ketan yang dilaksanakan oleh masyarakat Dusun Putak di desa loa duri ilir kecamatan loa janan merupakan acara tahunan yang menampilkan proses pembuatan baham oleh warga dusun. Baham adalah makanan tradisional suku Dayak yang terbuat dari ketan yang sengaja dipetik saat masih muda namun sudah berisi, ketan dipanen kemudian di sangrai bersama kulitnya hingga matang setelah itu ditumbuk dengan lesung selanjutnya ditapis dan dibersihkan kulitnya dan ditaburi gula merah dan parutan kelapa. Makanan tradisional ini kemudian disuguhkan kepada pengunjung yang hadir dalam acara tersebut.

Jejak desa Kutai Lama ( JEDAK)

Tanggal : 19 april 2020
Lokasi : Desa Kutai Lama, Kabupaten Kutai Kertanegara.
Acara bagi penggemar gowes bersepeda untuk menikmati trek suasana pedesaan, perkebunan, pertanian dan perbukitan Kutai Lama nan asri. Peserta gowes akan disambut di desa kutai lama dengan suguhan tari jepen selamat datang dan juga ada acara festival kuliner dan jajanan khas kecamatan anggana kabupaten kutai kertanegara.

Festival Danau Semayang

Tanggal : 5-7 September 2020
Lokasi : Desa wisata Pela, Kabupaten Kutai Kertanegara
Festival danau semayang adalah agenda tahunan yang memperkenalkan budaya desa pela. Banyak kegiatan yang diadakan seperti lomba menjala ikan, perahu dayung, memancing, wisata kuliner dan mendanau ( menangkap ikan menggunakan tangan kosong). keistimewaan Desa Pela adalah jalur migrasi harian dari mamalia Pesut Mahakam yang berstatus Critically endangered Species. kemungkinan besar wisatawan dapat bertemu dengan kelompok kecil pesut mahakam yang hilir mudik setiap pagi dan sore di sungai Desa Pela.

Festival Kota Raja IX ( FKR )

Tanggal : 26 September – 4 Oktober 2020
Lokasi : Tenggarong
Festival Kota Raja adalah Even Tahunan dengan perpaduan antara seni tradisional dan seni kontemporer. Kegiatan yang diadakan seperti pop night, reggae night, metal night, pentas seni daerah, atraksi komunitas, ekspresi pelajar, screening film, lomba mewarnai, lomba permainan tradisional, grand pemilihan teruna dan dara Kukar, pemilihan putra putri pariwisata kukar 2020, fashion show ulap doyo, hiburan rakyat, karnaval kostumtenggarong kutai carnival ( TKC ) dan Gowes Wisata.

Blukar ( Blusukan Alam Kukar)

Tanggal : 27 September 2020
Lokasi : Tenggarong
Blukar adalah one day event trail adventure dalam rangka memperingati hari jadi kota tenggarong sambil menyalurkan hobi dan kreativitas para penggemar motor trail.

Haul Akbar Habib Tunggang Parangan

Tanggal : 9 Nopember 2020
Lokasi : Kutai Lama, Kabupaten Kutai Kertanegara.
Pangeran Tunggang Parangan adalah seorang ulama besar yang menyebarkan agama islam pertama kali di Kerajaan Kutai. Pangeran Tunggang Parangan atau Habib Tunggang Parangan dimakamkan berdekatan dengan Makam Sultan Aji Dilanggar dan Sultan Aji Putra Mahkota di Kutai Lama. Peringatan kematiannya dijadikan acara tahunan dalam Haul atau Tabligh Akbar.

Kota Balikpapan


Balikpapan Fest

Tanggal : 5-9 februari 2020
Lokasi : Balikpapan
Balikpapan Fest merupakan festival dengan berbagai macam konsep seperti food and music festival, fashion week, festival pesisir, panggung hiburan rakyat dan Balikpapan Orchestra.

Tour de bengkirai chapter III

Tanggal : 15 februari 2020
Lokasi : kota Balikpapan, hutan lindung Bukit Bengkirai.
Info link : garudaindonesia.com atau swindariani@gmail.com
Tour de bengkirai merupakan kegiatan bagi para pelanggan setia garuda Indonesia untuk dapat menikmati indahnya pesona indahnya alam Kalimantan timur khususnya Bukit Bengkirai sambil menjaga kebugaran tubuh dengan bersepeda.

Indonesian Marathon Road To IKN

Tanggal : 5 april 2020
Lokasi : Kota Balikpapan.
Lomba lari marathon yang diselenggarakan di kota Balikpapan dan akan diikuti pelari dari seluruh Indonesia dalam rangka menyambut Ibu Kota Baru Republik Indonesia.

Culinary Festival

Tanggal : 18-20 September 2020
Lokasi : Kota Balikpapan
Culinary festival adalah festival jajanan Nusantara yang diadakan di Kota Balikpapan untuk menarik wisatawan.

Kabupaten Tana Paser


Tana paser fair

Tanggal : 22-29 Februari 2020
Lokasi : Grogot, Kabupaten Paser.
Tana paser fair adalah ajang berkumpulnya pelaku usaha kecil , home industri, dan industri lokal untuk mempromosikan usahanya.

Tana Paser International Melas Taon Folk Lore And Folk Art Festival

Tanggal : 21-27 Juni 2020
Lokasi : Grogot, Kabupaten Tana Paser
Festival Tana Paser adalah kegiatan yang melestarikan tradisi masyarakat Paser seperti budaya, adat istiadat, olahraga, makanan, dan cendera mata khas Paser.

Festival Seni Budaya Paser

Tanggal : 24-30 Juli 2020
Lokasi : Kabupaten Paser
Festival yang menitikberatkan pada pengenalan seni budaya di bidang olahraga dan permainan tradisional dari Paser.

Nutu Ponta

Tanggal : 18-20 September 2020
Lokasi : Kabupaten Paser.
Info Link : portal.tanahlautkab.go.id atau email emyafrie@gmail.com
Nutu Ponta adalah tradisi masyarakat Paser yaitu memanen padi Ponta, melepas padi ponta dari tangkainya, menyangrai dan menumbuk padi ponta. Kegiatan ini diselingi dengan tarian ronggeng para muda mudi serta melepas biuku ( kura kura air tawar endemik sungai kandilo).

Kabupaten Kutai Barat


Festival durian

Tanggal : 25 februari 2020
Lokasi : Sendawar, Kabupaten Kutai Barat.
Festival durian diadakan bertepatan dengan waktu musim panen buah durian lokal yang ada di kabupaten kutai barat.

Festival Tanjung Isuy

Tanggal : 3-5 Agustus 2020
Lokasi : Kampung Tanjung Isuy, Kecamatan Jempang
Festival Tanjung Isuy merupakan kegiatan melestarikan dan mengembangkan potensi dan budaya lokal yang dimiliki Kabupaten Kutai Barat secara khusus masyarakat di Kecamatan Jempang yang dapat mepromosikan ke khalayak banyak  tentang Kain Tenun Doyo yang menjadi ciri khas Masyarakat Jempang khususnya Kampung Tanjung Isuy.

Lomba Ketinting dan Perahu Naga

Tanggal : 24-28 Oktober 2020
Lokasi : Kabupaten Kutai Barat
Lomba Ketinting dan Perau Naga adalah event lomba yang diadakan untuk memperingati HUT Kabupaten Kutai Barat.

Festival Dahau Sendawar

Tanggal : 26 Oktober – 6 November setiap tahun genap.
Lokasi : Kabupaten Kutai Barat.
Perayaan Dahau merupakan rangkaian peringatan hari jadi Kabupaten Kutai Barat. Hari Lahir kabupaten disebut Dahau yaitu peristiwa kebudayaan yang melibatkan etnis lokal dikemas dengan agenda pariwisata sehingga dapat menjadi magnet yang menarik wisatawan.

Kabupaten Penajam Paser Utara


Festival Gilang Benua Taka

Tanggal : 1 maret 2020
Lokasi : Penajam, Kabupaten Pneajam Paser Utara (PPU)
Event yang diadakan dalam rangka perayaan HUT Kabupaten PPU menampilkan berbagai macam pertunjukan seni budaya daerah paser ( Kesultanan, melayu pesisir dan pedalaman), seni budaya dari daerah Kalimantan lainnya, suku pendatang, festival seni  modern dan pameran hasil dari pemekaran kabupaten PPU.

Tanjung Jumlai Beach Run 10K

Tanggal : 5-12 Nopember 2020
Lokasi : Penajam Paser Utara
Tanjung Jumlai Beach Run 10K adalah kegiatan yang memadukan sport and tourism yaitu memperkenalkan destinasi wisata Penajam Paser Utara sambil berolahraga.

Festival Adat Paser Nondoi

Tanggal : 5-12 Nopember 2020
Lokasi : Penajam Paser Utara
Info Link : Budi 0813 4931 3393
Festival Adat Paser Nondoi merupakan Festival adat penutup akhir tahun dan juga ritual tertua dari suku Paser yang dilaksanakan Selama 7 hari. Kegiatan festival antara lain pagelaran seni budaya dan parade budaya dari beragam suku yang ada di kabupaten Penajam Paser Utara.

Kota Bontang


Half Marathon 21K

Tanggal : 4 Oktober 2020
Lokasi : Kota Bontang
Info Link : 082226549594
Half Marathon 21K adalah event lari marathon untuk menggiatkan sport tourism Kota Bontang. Rute sejauh 21 kilometer dari garis Start dan Finish di halaman gedung taman 3 dimensi di Jl.Awang Long Kota Bontang.

Bontang City Carnival

Tanggal : 25 Oktober 2020
Lokasi : Kota Bontang
Bontang City Carnival adalah event tahunan yang bertujuan untuk menarik wisatawan berkunjung ke Kota Bontang. Acara ini berupa parade peserta carnaval dengan tema dan atribut yang berbeda setiap tahun namun pastinya memukau.

Pesta Laut Bontang Kuala

Tanggal : 24-29 Nopember 2020.
Lokasi : Bontang Kuala, Kota Bontang.
Pesta laut bontang kuala merupakan ritual tahunan sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat nelayan bontang atas hasil laut yang melimpah dan juga permohonan doa agar diberi perlindungan dan hasil melimpah di tahun mendatang. kegiatan acara yaitu Bebalai, Melabuh Perahu, Ance, Pagar Mayang, dan Belian Samper. Acara pesta laut Bontang setiap tahunnya selalu dipenuhi wisatawan.

Kabupaten Kutai timur


Festival Lomplai

Tanggal : 1-30 april 2020, 21 april adalah puncak acara
Lokasi : desa nehas liah bing, muara wahau.
Link info : dinaspariwisata.kutaitimurkab.go.id atau disparkutim@gmail.com
Festival Lom Plai adalah Ritual adat yang menampilkan kearifan lokal sarat makna yaitu perlakuan terhadap padi yang sejajar dengan manusia. Lom Plai artinya antisipasi agar tidak sakit atau selalu sehat, selamat dan panjang umur. Rangkaian acaranya yaitu Naq Jengea, Bob Jengea, Tiaq Diang Jengea, Seksiang, Plaqsai, Embos Min, Nelha La, Embos Lewas, enjiak / Tarian Hudoq.

Festival U’o Ajau

Tanggal : 21 Mei 2020
Lokasi : Desa Rindang Benua, Kabupaten Kutai Timur.
Festival ini dilaksanakan untuk memperkenalkan adat istiadat masyarakat setempat yang dimulai sejak tahun 2015. U’o Ajau merupakan tahap terakhir setelah ritual Telang Limpa yang artinya mengambil air berkah.

Pesta Adat Pelas Tanah

Tanggal : 20-27 Nopember 2020
Lokasi : Sangatta, Kabupaten Kutai Timur
Info Link : email bingkai.kutim@gmail.com atau 0812 6889 775 Rustam Effendi Lubis.
Pesta Adat Pelas Tanah merupakan Pesta pembersihan kampung agar terhindar dari unsur-unsur jahat dan juga sekaligus melestarikan nilai-nilai luhur adat istiadat dan budaya di Kutai Timur. Rangkaian acara pelas tanah meliputi Menjamu Benua, Tempong Tawar dan Penyalaan Brong, Beluluh, Mendirikan rondong ayu, Belian / Ngenjong, Bepelas, Makan Bebaki dan Belimbur / Betepong. Selain itu juga ada pegelaran seni budaya nusantara, Pagelaran tari pedalaman dan pesisir, festival bemamai,karnaval budaya pelas, olahraga tradisional dan hiburan rakyat.

Kabupaten Berau


Lesung Osap

Tanggal : 4 Juni 2020
Lokasi : Kampung Bena Baru, Sambaliung
Lesung Osap adalah Pesta Budaya sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan atas hasil panen yang melimpah. Rangkaian acara dimulai dengan tarian yang menggambarkan proses bercocok tanam padi dari menanam benih, menyiangi, memanen, hingga menumbuk padi menjadi beras secara bergotong royong. acara diakhiri dengan makan makanan khas Lemang.

Festival Berau

Tanggal : 15 September 2020
Lokasi : Tanjung Redeb, Kabupaten Berau.
Festival Berau diadakan dalam rangkaian memperingati HUT Kabupaten Berau. Festival ini dimeriahkan dengan tari kolosal, pawai budaya, panjat piruai, upacara adat kawin Bathin, lomba perahu tradisional, lomba olahraga tradisional, lomba puncak Rasul dan Lomba Ancur paddas.

Maratua Jazz & Dive Festival

Tanggal : 16-18 Oktober 2020
Lokasi : Pulau Maratua & sekitar Pulau Derawan, Kabupaten Berau.
Event Maratua Jazz & Dive Festival merupakan kegiatan mempromosikan destinasi wisata kabupaten berau khususnya Pulau Maratua. Kegiatan ini bertujuan menggabungkan berbagai komunitas khususnya komunitas diving dan penikmat musik jazz dalam satu event yang dilaksanakan di pulau terluar Indonesia sekaligus menegaskan eksistensi Pulau Maratua sebagai Beranda NKRI.

Pesta Budaya Meja Panjang

Tanggal : 28 Desember 2020
Lokasi : Kampung Merasa, Kecamatan Kelay, Kabupaten Berau.
Pesta Meja panjang berawal dari kebiasaan saling berkunjung ketika natal dan menjelang tahun baru warga kampung merasa kecamatan kelay. Mulanya dari rumah ke rumah dan antar RT. Kemudian berkembang menjadi acara selama 5 hari dimana masing-masing RT menghidangkan makanan diatas meja panjang dan semua warga makan bersama di meja panjang. Karena acaranya semakin besar dibuat acara tambahan seperti lomba olahraga dan lomba menari di Balai Adat. Ternyata seiring bertambahnya tahun, semakin banyak masyarakat luar ikut datang meramaikan bahkan menarik minat wisatawan untuk ikut bergabung dalam pesta budaya meja panjang di Kelay.

Kabupaten Mahakam Ulu ( Mahulu )


Festival Hudoq Cross Border Tourism

Tanggal : 23-26 Oktober 2020
Lokasi : Kabupaten Mahulu
Festival Hudoq adalah ungkapan rasa syukur dan doa masyarakat Mahakam Ulu kepada Tuhan Yang maha Kuasa. Masyarakat Suku Dayak Bahau melestarikan seni budaya Hudoq secara turun temurun.  Masyarakat SUku Dayak Bahau percaya bahwa kehidupan mereka diatur oleh roh penguasa dan roh pengatur kehidupan manusia. Ada roh penguasa air, roh penguasa udara, roh penguasa tanah, roh penguasa alam atas. Roh roh tersebut tidak boleh dilihat manusia secara langsung karena manusia bisa kualat atau sakit jika melihatnya oleh sebab itu roh-roh datang menggunakan bentuk berbagai macam topeng yang disebut Hudoq dan badan berbungkus daun pinang atau pisang. Hudoq datang ke bumi untuk membawa kabar baik, memelihara tanaman padi, mengusir pengganggu di ladang oleh karena itu ritual ini diadakan saat menanam padi tiba atau selesai menanam padi. Festival Hudoq Cross Border Tourism diadakan berdekatan dengan acara Ritual Hudoq Pekayang, yaitu sama-sama diadakan di Bulan Oktober. hanya saja Ritual Hudoq Pekayang tanggalnya ditetapkan dari para sesepuh pemimpin adat.

Festival Mahakam Ulu

Tanggal : 1-14 Desember 2020
Lokasi : Kabupaten Mahakam Ulu
Festival Mahakam Ulu adalah rangkaian acara peringatan HUT Kabupaten Mahulu yang menyajikan keragaman adat istiadat, olahraga, seni dan budaya tradisional. Kegiatan festival diantaranya menyumpit, gasing, belogo dan acara budaya lainnya.

2 comments:

  1. Dibookmark dulu, barangkali ada rejeki mendadak buat maen ke Kalimantan tahun ini. Thanks for sharing, mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masama... kalo datang ke samarinda, siapa tau bisa diajak ngopi bareng.

      Delete

Bertualang Melihat Kerbau Kalang dan Indahnya Alam Kota Baru

  September 2022, kerbau kalang amuntai Mercu suar Pulau Tanjung Kunyit Pantai Teluk Tamiang Here I comes setelah 2 tahun tidak berlibur ke ...