Selasa, 01 Januari 2019

Flashpacker 2 Hari 1 Malam Tanpa Guide di Ternate

Bisa Kah?... Jelas bisa dong!

ngetrip 2 hari 1 malam bisa dapat 16 destinasi wisata di 1 Pulau Nan Cantik yaitu Pulau Ternate
Peta Wisata Pulau Ternate  (source : Google Map )
 Kota Ternate adalah Kota Administratif di Provinsi Maluku Utara. Hingga 2009, Ternate menjadi Ibu Kota Provinsi Maluku Utara, kemudian Ibu Kota Provinsi Maluku Utara resmi dipindahkan ke Sofifi di Pulau Halmahera Besar pada tahun 2010.
Pada tahun 2017 Maluku Utara dinobatkan sebagai Provinsi dengan Indeks kebahagiaan tertinggi. Wajar menurut saya, warga disana hidup berdampingan dengan alam nan indah permai dan kekayaan laut yang melimpah ruah.

Mau tau cara menikmati keindahan Pulau Ternate dengan cara flashpacker?

Berikut saya susunkan itinery untuk menikmati Pulau Ternate selama 2 hari 1 malam.
Yuk mari…
Yang pertama, landing dulu ke Bandara Sultan Baabullah Ternate. Biasanya penerbangan dimulai pada dini hari, agar mendarat tepat pagi hari di Kota Ternate. Menurut saya jam penerbangan yang paling direkomendasikan adalah penerbangan yang mendarat jam 07.00 WIT. Itu adalah penerbangan dengan pemandangan mewah yaitu hamparan Pulau-Pulau Vulkanis di Maluku Utara sambil menikmati sarapan hangat dari ketinggian ribuan kaki. Sesudah mendarat dan keluar dari Pesawat, jangan lupa berfoto di landmark Bandara Sultan Baabullah.

Next stop, Cari Penginapan dan kendaraan !

Ada banyak pilihan yaitu :
Bagi yang tidak punya teman di Kota Ternate, bisa pilih akomodasi melalui aplikasi online. Yang saya sarankan adalah Wisma Aira karena letaknya strategis. Wisma Aira cukup dekat dengan Bandara Sultan Baabullah, Kedaton Sultan Ternate, Lapangan Salero yang sering dijadikan lokasi festival Kota, dekat penjual Nasi Kuning terenak di depan lapangan Salero dan Hypermart. Cukup berjalan kaki saja loh. Wisma Aira Terletak di Jalan Sultan Khairun, Kelurahan Soasio no HP 082123916159. Pengelola Wisma sangat ramah dan memiliki rental Mobil dan juga rental Motor. Rental mobil sekaligus sopir yang hapal destinasi wisata untuk satu hari sekitar Rp.400.000,- dan rental motor sekitar Rp.40.000,- .
lokasi wisama aira yang strategis
Tarif Wisma Aira per 2018
Grup Trip Backpacker Nusantara di depan Wisma Aira
Bagi yang mengikuti keanggotaan Couch Surfing, bisa mencari teman yang open house dan menawarkan pinjaman kendaraan.
Bagi yang ingin menikmati kemping outdoor, bisa kemping di Pantai Tolire Kecil, Pantai Sulamadaha dan Pantai Jikomolamo. Semua memiliki fasilitas MCK yang baik. Cukup izin saja dengan pengelola pantai atau pemilik lapak warung di pantai Jikomolamo jika kalian tidak membawa tenda dan hanya menggunakan hammock atau menggelar sleeping bag. Di Kota Ternate juga ada rental perlengkapan Outdoor salah satunya yaitu Mangrove Outdoor.
Mengapa saya sarankan mencari penginapan dan kendaraan terlebih dahulu, agar kalian ga diribetkan membawa barang bawaan kalian kesana kemari. Kendaraan juga penting karena sebagian destinasi wisata terletak di daerah yang jauh dari pusat kota dan jarang dilalui kendaraan umum, oleh karena itu lebih baik punya kendaraan untuk mobilitas yg tinggi ke semua destinasi wisata.

Day 1 pilihan Destinasi Wisata dari saya :

google map Pantai Jikomolamo

Pantai pasir Putih Jikomalamo
Hamparan karang di Jikomolamo spektakuler indahnya
 1.     Pantai Jikomolamo. Jika kalian mendarat pagi di Kota Ternate, maka bersegeralah snorkelling ke pantai Jikomolamo. Disini kalian Cuma bayar parkir kendaraan yaitu Rp.5.000,- per motor, Rp.10.000,- per mobil dan Rp.75.000,- per bis. Mandi cukup membeli air tawar per jerigen 5 liter Rp.5.000,-.
Pantai Jikomolamo memiliki satu-satunya pantai berpasir putih diPulau Ternate. Air nya jernih dan memiliki hamparan terumbu karang yang indah. Saya sarankan pagi untuk melakukan aktifitas snorkling karena arus laut masih bersahabat. Melebihi jam 09.00 ke atas, arus laut cukup kuat. Ada baiknya menggunakan Fin dan live vest bagi skin diver pemula. Susuri saja seluruh pesisir pantai jikomolamo, semuanya memiliki hamparan terumbu karang yang bagus dan ikan karang yang melimpah. Ada hiu black tip, penyu, gerombolan parrot fish yang cukup besar, giant travelly, bahkan pada musim tertentu ada dugong yang bermigrasi. Pantai Jikomolamo juga merupakan salah satu spot diving yang terkenal di Ternate. Jadi jangan lewatkan kesempatan berkunjung ke Jikomolamo. Ingat! Kalian jangan lupa waktu, karena masih ada destinasi wisata yang harus kalian datangi.


google map Pantai Sulamadaha
Pantai Sulamadaha
 
Underwater Sulamadaha mantab

2.  Pantai Sulamadaha Holl. Pantai ini sejalur dengan Pantai Jikomolamo. Pantai ini berpasir hitam dan diselingi tebing batu karang. Tiket masuk dan parkir Pantai Sulamadaha kurang lebih sama dengan pantai Jikomolamo. Di pantai ini kalian bisa meminta warga lokal untuk mengadakan atraksi Bambu Gila. Apalagi jika kalian grup trip 5 orang lebih kalian bisa merasakan sensasi langsung bermain bambu gila. Maret 2018 lalu saya ber29 dengan anggota sharecost trip backpacer nusantara menyaksikan dan ikut bermain bamboo gila yang dipimpin oleh pawang yang kami bayar sebesar Rp.300.000,-. Setelah puas bermain bambu gila, kami lanjutkan kegiatan snorkelling. Spot snorkelling ditempuh dengan berjalan kaki menyusuri jalan semen sekitar 10 menitan. Kelelahan menempuh medan naik turun dan berkelok terbayarkan begitu turun snorkelling. Mantab banget keindahan Hamparan Karangnya. Spot snorkelling Pantai Sulamadaha berupa terusan sempit dengan pulau yang terdapat keramba apung ikan kerapu milik pemerintah. Arusnya cukup bersahabat namun setelah keluar dari terusan arus cukup kuat namun karangnya lebih besar dan indah. Air laut disini juga bening. Pokoknya indah. Setelah basah kuyup menikmati keindahan bawah laut Pulau Ternate yang mempesona, mari mengeringkan diri dan bersiap mengunjungi destinasi wisata selanjutnya.

google Map Batu angus
Batu Angus
 3.  Batu Angus. Pemandangan di sini sangatlah unik seperti pulau Krypton yang ada di film Superman return. Menara-menara batu vulkanis hasil erupsi gunung gamalama mencuat indah. Disini destinasi yang instagenik. Baik dari landscape hingga aerial semuanya unik dan indah. Tiket masuk sama seperti Pantai Sulamadaha dan Jikomolamo. Motor dan mobil boleh masuk ke dalam, hanya Bis yang harus parkir diluar gerbang masuk. Hati-hati saat menapaki permukaan batu vulkanis tersebut, tajam dan bisa membuat luka gores di kulit. Disini panasnya bukan main karena jarang ada pohon peneduh tapi kita masih bisa berteduh di Gazebo yang banyak disediakan. Saat cerah, warna batu angus yang keabuan kontras dengan background Gunung Gamalama yang kehijauan dan tertutup awan putih, serta langit yang biru cerah merupakan kanvas sempurna buat foto trip kalian. Jangan lupa pakai pakaian berwarna cerah dan bawa juga properti foto seperti selendang etnik, payung warna warni dan pasangan #ekh . mari ke destinasi selanjutnya.

google map Danau Tolire Besar

Danau Tolire Besar
4.    Danau Tolire Besar. Danau ini sepertinya hasil letusan Gunung Gamalama. Danau Unik yang terisolir dari laut namun memiliki populasi Buaya dan jumlah ikan yang cukup banyak untuk memberi makan Buaya dan Burung yang tinggal di sekitar danau Tolire. Tiket masuk ke Danau Tolire Rp.5.000,- per orang. Suasana Danau Tolire sangat sejuk. Banyak warung kecil yang berjualan makanan dan minuman serta batu harapan. Batu harapan adalah batu kerikil biasa yang dijual dalam satu tas plastik seharga Rp.5.000,-. Pengunjung akan melempar batu kerikil tersebut ke tengah danau. Jika batu terjatuh ditengah danau dan kamu melihat dimana jatuhnya maka harapanmu akan terkabul, apalagi lemparanmu sangat jauh. Kebanyakan pengunjung kesulitan melempar batu ke tengah danau. Jika ingin melihat danau tolire dengan background laut dan pulau hiri, maka ambillah jalur trekking sebelah kanan. Berjalanlah sekitar 5menitan dengan jalur menanjak maka kalian akan sampai spot foto danau tolire dengan background laut dan Pulau Hiri.

google map Pantai dan Danau Tolire kecil
Spot Sunset Pantai Danau Tolire Kecil

Danau Tolire Kecil

 5. Pantai Tolire Kecil. Pantai ini berdekatan dengan danau tolire besar. Jika danau tolire besar berada di lereng gunung Gamalama, maka Pantai dan danu tolire kecil tepat dibawahnya yaitu di kaki gunung Gamalama. Disini bebas parkir dan bebas retribusi. Pantai nya cukup panjang dan berpasir hitam. Suasana disini asyik untuk menikmati sore menuju sunset. Jangan lupa berfoto dengan background danau tolire kecil dan pantulan gunung Gamalama di permukaan air danau. Disini banyak Gazebo untuk duduk-duduk sambil menikmati pisang goreng mulut bebe dan es kelapa muda nan nikmat. Tapi sayang sekali, disini harga makanan dan minuman sangat mahal. Ga ramah backpacker.

Udah Sore, pulang dulu lah buat mandi, shalat atau recharge gadget.

Destinasi wisata malam di Kota Ternate :

Lokasi Rumah Makan Pak RT yang Murah, Meriah & mengenyangkan
Lokasi Nasi Kuning Terenak di depan lapangan Salero

Lokasi rumah makan seafood di pasar Higienis Ternate

6.  Wisata Kuliner. Untuk mencari makanan yang enak banyak disepanjang Jalan Pahlawan Revolusi atau dari depan masjid Al-Munawwar, alun alun Kota, Landmark Ternate dan pantai Falajawa. Ada warung sate yang enak tepat didepan alun-alun, petunjuknya liat aja warung sate yang banyak antrian pembelinya. Selain itu ada berbagai makanan berat, toko kue hingga ke warung makan ayam bakar yang murah meriah mengenyangkan cuma 13 ribuan. Jika ingin makan seafood bisa ke pasar higienis di jalan Sultan M.Djabir Sjah. Harga normal deh, seekor ikan GT berukuran sedang yang bisa dimakan berdua harganya Rp.40.000,-. Bisa pilih langsung ikan segarnya kemudian dimasak sesuai selera kita. alternatif sarapan paling Hits dan paling enak adalah sarapan nasi kuning di depan lapangan Salero. Sepiring Rp.10.000,- terdiri dari nasi kuning dengan abon cakalang, bawang gurih dan sambal tuna serta opsi telur rebus jika suka. Ini adalah nasi kuning yang terenak yang pernah saya makan. Antriannya cukup banyak karena diantaranya pilot dan pramugari menjadi pelanggan tetap nasi kuning ini. Jangan kesiangan ya, bisa kehabisan.
Alun-alun Kota Ternate
Pusat Kota Ternate
 7.    Taman Nukilla, Alun-Alun Kota Ternate dan Landmark Kota. Alun-alun kota paling instagenik menurut saya adalah milik Kota Ternate. Spot fotogenik nya saat Matahari terbit berhadapan dengan alun-alun kota. Aerial view dari pagi hingga siang menampilkan air laut yang jernih dengan background gunung Gamalama. Saat sore hari, duduk di alun alun sambil menikmati pentol kuah sambal yang panas sungguh nikmat Tuhan yang tidak bisa kamu pungkiri. Di malam hari, suasana alun-alun juga ramai dikunjungi. Warna warni lampu alun-alun cukup memanjakan mata. Di Pantai Falajawa ada Landmark Kota Ternate juga. Sempurnanya Pulau Ternate yaitu, di Alun-alun Kota kamu bisa snorkelling. Yep benar! Disini arusnya cukup tenang dan merupakan spot diving yang terkenal. Jalur snorkelingnya dari Taman Nukilla, menyusuri alun alun dan landmark, hingga ke pantai Falajawa yang berbatasan dengan pelabuhan. Jangan sampai kelewatan dan nabrak kipas kapal besar. Di pantai Falajawa ada tulisan Landmark Ternate di dasar laut, jika pasang naik sekitar 8 meteran. Bagi yang bisa freedive jangan lewatan kesempatan berfoto dengan landmark Ternate versi Underwater. Namun hamparan terumbu karang pantai falajawa kurang sehat karena banyak sampah bertebaran didasarnya da nada aktifitas kapal pelabuhan yang cukup sibuk. Kita juga direpotkan oleh tali tambatan kapal yang berseliweran, serasa kita lagi di jalur halang rintang menyelam dan terkadang mesti mengangkat tali-tali dari kapal yang banyak parkir di pantai falajawa.
Google Map Rumah Kreatif Pusat Oleh-Oleh Kota Ternate
Rumah Kreatif Ternate pusat Oleh-Oleh
8.    Pusat Oleh-oleh Kota Ternate. Kalo mau versi one stop shopping bisa langsung ke Rumah Kreatif Ternate di Jalan Tapak Raya ll atau search saja di google maps. Semua oleh-oleh khas Maluku utara ada disini dari makanan dan minuman tradisional, baju kaos, gantungan kunci, aksesories besi, mutiara dan batu permata, kerajinan bambu, pokoknya lengkap. Sayangnya harga nya ga pas buat dompet backpacker. Bagi budget terbatas untuk beli oleh-oleh bisa ke jajaran toko kue tradisional di depan pantai Falajawa atau langsung berbelanja ke pasar Tradisional.
 

9.    Puncak Moya. Jika di Malang terkenal dengan bukit Bintang, maka di Ternate ada Puncak Moya. Di sini, kalian bisa menikmati pemandangan kota Ternate dari ketinggian dengan disempurnakan latar Pulau Tidore, Pulau maitara, Pulau Halmahera, laut yang berkilau dan cahaya rembulan tanpa pelukan dari mantan tentunya #ahheyyy ya biar ga ngenes ngenes banget menikmati pemandangan romantis di puncak moya ya bawalah pasangan atau gebetan.

     Udah ya, di akhiri dulu petualangan hari pertama di Ternate, waktunya bubu syantikk mengistirahatkan kulit yang lelah terpapar sinar matahari seharian. Jangan lupa packing kembali pakaian, oleh-oleh dan peralatan biar ga gerabag gerubug besok saat mau pulang dan buru-buru check in ke bandara.

Day 2 pilihan Destinasi Wisata dari saya :

10. Kedaton Sultan Ternate. Jika kalian menginap di Wisma Aira, cukup berjalan kaki 3 menit sudah sampai di Kedaton ini. Kedaton terbuka untuk umum jika tidak ada acara khusus kesultanan. Kedaton Kesultanan Ternate memiliki koleksi benda bersejarah yang banyak. Main attractionnya adalah Mahkota yang terbuat dari rambut manusia yang selalu tumbuh memanjang dan harus dipotong setiap tahun dengan ritual khusus. Pengunjung tidak dipungut biaya namun harus berpakaian sopan.
 
Danau NGade dengan View Pulau Maitara dan Tidore
 
Danau Ngade dengan ayunan terbang
11. Danau Ngade. Danau ini merupakan danau laguna yang dekat dengan laut. Sepertinya terbentuk akibat letusan gunung Gamalama. Danau ini instagenik dengan view laut, pulau maitara dan Pulau Tidore seperti yang tertera di gambar uang Seribu Rupiah. Tiket masuk Rp.5.000,- per orang. Jika ingin berfoto dengan ayunan gantung bisa membayar Rp.5.000,- kepada petugas jaga.
spot Wisata Kenun Cengkeh Gambesi, Pantai Fitu, Danau Ngade & Benteng Kalmata
nih, view sama dengan gambar uang seribu
12. Pantai Fitu. Inilah spot foto yang paling tepat digambarkan dalam uang kertas seribu rupiah. Pantainya biasa saja, dikelilingi pemukiman warga dengan pesisir pantai yang diturap. Tapi spot ini sayang dilewatkan untuk berfoto sambil menampilkan uang kertas seribu rupiah yang sama persis pemandangan pulau maitara dan tidore. Disini tidak dipungut biaya.
 
Kebun Cengkeh Gambesi

13. Kebun cengkeh Gambesi. Tiket masuk berlaku untuk kendaraan saja yaitu R2 Rp5.000,- dan Mobil Rp.10.000,-. Kebun cengkeh ini dikelola oleh mahasiswa UNKHAIR.  Asalnya kebun cengkeh ini terkena penyakit sehingga menyisakan batang pohon berwarna putih tanpa daun yang kontras dengan pemandangan pohon yang kehijauan di luar area pohon cengkeh yang mati. Banyak yang mengatakan kesannya seperti di Eropa.
 
Taman Bagian Depan Benteng Kalamata
14. Benteng Kalamata. Benteng peninggalan Portugis yang terletak di jalan Raya Bastiong Kelurahan Kayu Merah. Benteng ini memliki struktur yang indah berbentuk berlian jika dilihat dari atas / drone. Tidak dikenakan Biaya Masuk kesini jika grup trip kecil. Kalau banyak hingga menggunakan Bis, maka dikenakan biaya yang bisa dinego dengan petugas penjaga yang tinggal di komplek benteng kalamata. Sayang jika melewatkan kunjungan ke Benteng bersejarah ini.
15. Fort Oranje atau Benteng Oranye atau banteng Melayu. benteng ini adalah peninggalan Portugis. Dulu dijadikan gudang penyimpanan yang bangunannya asih bertahan hingga sekarang namun tak selamat dari aksi corat – coret vandalism. Jika waktu tidak cukup, bisa dilewatkan saja.

Lokasi Benteng Tolukko


16. Benteng Tolukko atau Fort Hollandia. Banteng peninggalan Portugis yang terletak diatas bukit dekat pelabuhan Dufa Dufa tepatnya di Jalan Kepiting kelurahan Sangadji. benteng ini kondisi nya cukup bagus dan diperindah dengan tanaman bunga warna warni. Tiket masuk ke benteng tidak tertulis tapi cukup beri seikhlasnya kepada penjaga benteng yang rumahnya di sebelah kiri sebelum gerbang masuk ke Benteng Tolukko. Jangan lewatkan kesempatan berkunjung ke Benteng Tolukko nan cantik ini.

Sekian petualangan 2 hari 1 malam di Pulau Ternate yang pemandangan indahnya 360 derajat dan dari puncak perkasa Gunung Gamalama hingga dasar laut yang ditutupi hamparan terumbu karang nan cantik, membuat kalian sulit untuk melupakan Pulau Ternate.
Semua destinasi yang saya paparkan diatas tidak harus semuanya dikunjungi, disesuaikan saja dengan kemampuan fisik dan budget masing-masing traveller. Enaknya berwisata di Maluku Utara terutama Kota Ternate, tiket masuk tidak mahal bahkan bisa di nego jika kalian jumlahnya banyak. Untuk city tour kalian bisa tanpa menyewa guide dan hanya mengandalkan google maps. Untuk tarif ojek dan kendaraan umum pun murah meriah hanya Rp.5.000,- di pusat Kota. Ga ada supir angkutan umum yang nakal memainkan tarif, bahkan mereka dengan senang hati menunjukkan lokasi wisata kepada wisatawan yang memakai angkutan umum.
Bagi penyuka kegiatan pendakian Gunung level Akut, mendaki Gunung Gamalama (1.715 MDPL) jangan kalian lewatkan deh! view nya ulala keren. Bisa tektok pula! jalur pendakian memerlukan lama trekking kurang lebih 6 jam. yang ga mau ribet bawa alat pendakian, bisa menyewa di rental outdoor Kota Ternate. Jadi kalian bisa memperkirakan kapan naik dan turunnya serta bisa mengunjungi destinasi wisata lainnya di Kota Ternate yang sudah saya sebutkan diatas. tapi ingat ya! kalian harus memastikan gunung Gamalama aman untuk pendakian mengingat status Gunung Gamalama masih Waspada, tidak boleh mendekati kawah radius 1,5 kilometer. Gunung Gamalama di bulan oktober 2018 sempat mengeluarkan hujan abu namun tidak membuat aktivitas penerbangan di Bandara Sultan Baabullah terganggu. dan yang paling penting dimana bumi dipijak disitu langit di junjung, Gunung Gamalama adalah gunung yang dikeramatkan oleh Penduduk Ternate jadi jangan berbuat macem-macem yang menodai gunung yang disakralkan ini.
Itinery 2D1N ini saya sarankan bagi yang ingin menghabiskan weekend di Pulau Ternate. Mendarat sabtu pagi di Bandara Sultan Baabullah dan pulang di Hari Minggu Siang. Apalagi kalian pemilik Sriwijaya Pass, ulalaaaa…kalian bisa bolak balik sesering mungkin ahheyyyy #envy.
Terima kasih banyak saya ucapkan kepada pembaca blog saya, mohon kritik dan saran dialamatkan kepada saya agar saya bisa memperbaiki kekurangan saya dalam menulis di blog.
Benteng terfavorite versi saya adalah Benteng Tolukko

Spot Snorkeling Terfavorite menurut saya adalah Pantai Jikomalamo

Alun alun Kota Terfavorite yang pernah saya Kunjungi adalah Alun-Alun Kota Ternate
     Jika berkenan, silahkan dibaca link tulisan saya di Detik Travel tentang destinasi wisata yang pernah saya datangi di Maluku utara sebagai referensi tambahan :
# Kenal Guraici? Kepulauan yang Tepat di Garis Khatulistiwa

# Pulau Komplit Destinasi Wisata Itu Bernama Bacan

# Pulau Memesona di Garis Khatulistiwa, Sudah Tahu?
 

# Potret Pulau Widi, Maldivesnya Indonesia

# Bawah Laut Halmahera Selatan, Mantap Jiwa!

# Susah Move On dari Liburan di Ternate

# Maluku Utara Memang Bikin Lupa Daratan

# Benteng Kalamata, Saksi Bisu 6 Penguasa Ternate

# Pemandangan Cantik & Lambang Misterius di Benteng Portugis Ternate

# Benteng di Atas Bukit Ini Punya Pemandangan Cantik

# Menyendiri di Halmahera Barat

# Pulau 'Krypton' Ada di Maluku Utara

# Aneka Kuliner Maluku Utara yang Bikin Goyang Lidah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pingin Ke Balabalakang? Baca ini!

hai guys... pasti sebagian dari kalian udah pernah Balabalakang atau balabalagan. gugusan kepulauan nan indah di selat makassar. Balaba...